Berita Terhangat...
Home  / 
Kamis, 6 Juni 2013 | 20:26:53

Pemkab Rohil Siapkan Master Plan Pulau Pedamaran
BAGANSIAPIAPI - Untuk mengoptimalkan potensi Pulau Pedamaran sebagai kawasan wisata terpadu oleh Pemkab Rohil ,secara bertahap Pemkab segera menyiapkan master plan. 

Penegasan tersebut disampaikan Sekda Rohil Drs H Wan Amir Firdaus MSi didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hilir Drs H Surya Arfan MSi, kemarin di Bagansiapi-api.

"Sebagaimana yang sudah dimaklumi bersama, investor dari Cina itu kan sudah datang berkunjung di Rohil. Daerah yang dikunjunginya adalah Pulau Pedamaran dan Kawasan Industri di Kecamatan Sinaboi dan gugusan Kepulauan Aruah yang ada di perairan Kecamatan Pasirlimaukapas,"kata Amir firdaus.

Tindak lanjut dari peninjauan itu, tambah Amir firdaus terus dilakukan. Salah satu diantaranya yakni telah menandatangani kesepakatan bersama yang dituangkan dalam bentuk MoU.

"Dalam MoU itu, investor itu diberikan waktu selama sekitar enam bulan untuk menyiapkan segala sesuatunya mengoptimalkan segala potensi yang ada di Pulau Pedamaran itu. Ini dilakukan mengingat Pulau Pedamaran itu memang dipersiapkan sebagai kawasan wisata terpadu," katanya. 

Setelah rumusannya selama enam bulan itu selesai, maka kata dia, segera dipresentasikan. Dari situ nanti, pihaknya bakal mengetahui apa saja yang bakal diprogramkan di Pulau Pedamaran itu.

Kondisi serupa ,lanjut Amir Firdaus, bakal sama dengan rencana pembangunan yang dipusatkan didaerah kawasan industri yang ada di wilayah Kecamatan Sinaboi.

"Untuk mengoptimalkan potensi yang ada di Kecamatan Sinaboi termasuk menyediakan kawasan industri itu, sudah barang tentu harus disiapkan fasilitas sarana dan prasarana pendukungnya. Salah satu diantaranya yakni infrastruktur seperti pelabuhan," jelasnya. 

Berdasarkan ketentuan yang ada, pihak swasta dimungkinkan untuk mengelola pelabuhan. Infrastruktur lain yang harus dilengkapi yakni jalan, jembatan, listrik dan air. 

"Sama kita, apakah kita mau membangun rumah sementara jalan maupun jembatan termasuk air dan listrik tidak ada. Tapi kalau jembatan amupun jalan serta air dan listrik sudah ada, dengan sendirinya , orang berdatangan untuk membangun rumah," kata Amir Firdaus mencontohkan. (hms)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riauheadline.com
Share |
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!