Depan | Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclaimer | Karir | RSS | Versi Mobile
riauheadline.com merupakan situs berita menginspirasi semangat masyarakat riau.
Selasa, 9 Juli 2013 | 16:19:45

Pantauan Satelit NOAA, Dumai Nihil Titik Api
DUMAI - Berdasarkan pantauan Satelit NOAA pada Senin (8/7/13) kemarin yang juga disertai informasi yang diberikan oleh Tim Satgas Darat Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan), bahwasanya Kota Dumai dinyatakan sudah tidak terdapat titik api, hanya saja yang tersisa asap di lokasi Karhutla dan itupun saat ini sudah mulai berkurang.
 
Demikian disampaikan, Kepala Kantor BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Dumai Noviar Indra, Selasa (9/7/13) kepada riauheadline.com diruang kerjanya. "Alhamdulillah, Dumai saat ini sudah tidak ada titik api lagi dan hanya tinggal asap saja dan itupun saat ini juga sudah mulai berkurang. Mudah-mudahan, dengan adanya Hujan yang mengguyur Kota Dumai malam tadi, api benar benar sudah padam," harapnya.
 
Noviar menambahkan, untuk hari ini pihaknya belum ada mendapatkan laporan, apakah Dumai ada titik api, karena laporan yang diberikan kepada pihaknya berdasarkan pantauan satelit NOAA baru akan diterima sekitar pukul 17.00 WIB. Namun, Ia memastikan, hingga siang ini (Selasa,red) pihaknya belum ada menerima laporan dari Tim Satgas Darat Karhutla terkait munculnya kembali titik api.
 
"Semalam Dumai nihil titik api, sedangkan malam tadi Dumai juga diguyur Hujan, Ya mudah mudahan dan juga harapan kita bersama Dumai sudah tidak ada titik api lagi. Dalam menanggulangi Karhutla melalui jalur darat, sejauh ini kami memang terkendala dengan minimnya peralatan yang ada dan juga akses tranportasi yang sulit untuk menjangkau medan yang jauh dan berat," katanya. 

Namun, berkat kepedulian unsur TNI, masyarakat dan sejumlah pihak perusahaan yang ada di kota Dumai, hal tersebut saat ini sedikit bisa teratasi, karena adanya bantuan dari mereka. Dilapangan itu biasanya kesulitan pihaknya ialah peralatan, sumber air dan logistik. 

Namun, berkat adanya bantuan dari perusahaan berupa peralatan seperti mesin robin dan juga bahan logistik seperti Aqua dan Mie Instans tentunya ini sangat membantu kita dilapangan. Yang juga ditambah dengan pasukan marinir, kompi 132 dan koramil yang telah bekerja keras dalam upaya memadamkan api dilokasi Karhutla, patut diacungi jempol, katanya.
 
Terakhir, Noviar menambahkan, berdasarkan pantauan Satelit NOAA pada hari Sabtu tanggal 6 Juli lalu, Dumai masih terdapat dua titik api yakni diwilayah Pelintung Kecamatan Medang Kampai dan Kecamatan Bukit Kapur. Sedangkan, pada Minggu 7 Juli, Dumai hanya tinggal satu titik api saja yakni di Kecamatan Medang Kampai.
 
"Setelah ditemukan titik koordinat munculnya titik api pada hari Sabtu dan Minggu itu dan kita baca di Peta kota Dumai, daerah yang terdapat titik api itu bukanlah sepenuhnya wilayah kota Dumai melainkan daerah perbatasan Dumai dan Bengkalis," jelasnya seraya menambahkan dan pada Senin 8 Juli, Dumai hingga saat ini sudah tidak terdapat titik api lagi.
 
Sementara, Komandan Kodim 0303 Dumai Bengkalis Letkol (inf) Sukirman Sulaeman melalui Kasdim M Bahrodin menegaskan saat ini Dumai memang sudah tidak ada titik api lagi dan ini berdasarkan laporan yang diterima pihaknya dari Koramil yang bertugas disejumlah wilayah Karhutla yang ada di kota Dumai.***(die)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riauheadline.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!
Berita Terhangat...
Selasa, 21 Oktober 2014 | 14:56:43
Mobil Box Angkut Bawang Ilegal Nyungsep ke Parit
Selasa, 21 Oktober 2014 | 14:55:39
Seorang Bocah di Kampar Hanyut di Sungai
Selasa, 21 Oktober 2014 | 14:54:08
Seorang Terakwa Divonis 7 Tahun,
Jaksa Terus Usut Korupsi Pengembangan KITB Siak
Selasa, 21 Oktober 2014 | 14:51:05
Lawan Arus, Pajero Gilas Pasutri Pengendara Motor
Selasa, 21 Oktober 2014 | 14:48:57
Duo Honda Tunggu Pebalap Hebat Indonesia
Selasa, 21 Oktober 2014 | 14:46:17
Menaklukkan Kegagahan Gunung Papandayan
Selasa, 21 Oktober 2014 | 14:44:27
Kabinet Baru Jokowi-JK
Seleksi Menteri Jokowi via KPK Menuai Pujian
Selasa, 21 Oktober 2014 | 10:46:06
Konflik Perbatasan Riau dengan Jambi, Sekolah Dibakar Massa
Selasa, 21 Oktober 2014 | 10:42:54
Usut Kasus Annas Maamun, KPK Geledah Kantor PT DPN
Selasa, 21 Oktober 2014 | 10:41:52
Percepat Akreditasi Program Join RI-Australia,
10 Madrasah Rohul Terima Block Grant