Depan | Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclaimer | Karir | RSS | Versi Mobile
riauheadline.com merupakan situs berita menginspirasi semangat masyarakat riau.
Rabu, 30 Oktober 2013 | 12:07:47

Dekati Masyarakat Bawah,
Relawan Jokowi Setiap Hari Menulis di HU Sentana
JAKARTA – Kelompok masyarakat yang sulit dijangkau dijangkau media sosial seperti facebook, didekati Relawan Jokowi dengan kerja sama pengadaan naskah tulisan bersama HU Sentana (segmen pembaca kalangan menengah ke bawah), setiap hari dimuat di halaman satu kiri atas.

"Kehebatan kerja sama ini terletak pada sasaran pembaca Sentana yang merupakan kelas menengah ke bawah. Kelompok pembaca ini unik dan khas,” kata Satrio Arimunandar di Jakarta Rabu (30/10).

Satrio yang semasih wartawan Kompas dikenal luas sebagai wartawan peliput perang, memaknai pengadaan tulisan untuk Sentana sebagai kerja sama antar-kalangan sosial. Penulis, menyajikan bahasa yang sesuai tanpa berkesan ilmiah atau istilah keren.

Wakil Pemred Sentana, Helfansyah mengatakan, ia ditugaskan oleh Pemred Rukiah Rosalyna untuk menjalin kontak dengan Barisan Relawan Jokowi Presiden 2014 (Relawan Jokowi, Bara JP). Intinya, bagaimana agar komunikasi sosial berjalan lancar dan kehendak rakyat dimenangkan.

Relawan Jokowi menyambut baik pengadaan naskah, karena banyak penulis dan mantan wartawan yang “bercokol” di Bara JP. Relawan juga mempunyai sumber daya penulis yang memadai, hasil kursus menulis secara gratis yang selalu diadakan Relawan secara periodik.

"Kami juga mengadakan kursus membaca, karena membaca dan menulis adalah ‘duet maut’ membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya perubahan dan kedaulatan,” kata Jandry Luhukay, Wakil Sekjen DPP Bara JP kepada kantor berita gratis.

Jandry sepakat dengan Satrio, nilai penting kerja sama ini adalah mengkomunikasikan persoalan bangsa kepada semua kalangan. “Perubahan sosial hanya bisa terjadi apabila melibatkan semua kelas sosial. Di situ kehebatan kerja sama ini,” kata Jandry.

Tulisan untuk Sentana, 4.000 sampai 5.000 karakter (with out space). Tulisan bisa berupa harapan, analisis/opini, reportase, atau apa saja tentang Jokowi dalam kapasitas capres yang dikehendaki rakyat. Siapa saja yang mau membantu, kirim tulisan ke sihol.manullang@gmail.com.

Kini, tulang punggung pengadaan naskah adalah Dhia Prekasha Yoedha, Satrio Arismunandar, keduanya mantan wartawan Kompas dan kini sama-sama menjadi redaktur senior majalah Aktual. Youdha adalah pendiri Aliansi Jurnalistik Independen (AJI).

Kemudian Sihol Manullang, Sujud Swastoko, Aa Sudirman, Saha Tua Saragih, keempatnya mantan wartawan Suara Pembaruan (SP).  Juga Roso Daras, eks wartawan Jayakarta, yang dulu grup SP. Saiful W Harahap, dan Semy Havid, keduanya eks Mutiara, yang dulu grup SP.

Prof Dr Rahardi Ramelan (mantan Memperindag), akan membantu Relawan Jokowi dari sudut pandang ekonomi. Rahardi akan menulis ekonomi kerakyatan yang perlu diperhatikan Jokowi jika kelak sudah menjadi Presiden RI.

Kalangan akademi juga mendukung Relawan dalam pengadaan naskah. Antara lain Dr Thomas Sunaryo, Iqrak Sulhin , keduanya dosen FISIP UI. Beberapa gurubesar di Institut Pertanian Mogor (IPB), akan turut membantu sosialisasi Jokowi.

Setelah dimuat dalam koran cetak Sentana, tulisan juga akan dimuat dalam sentanaonline.com dan kantor berita gratis yang dikelola Relawan Jokowi, baranews.co. Pemuatan tulisan di Sentana, dimulai sejak Jumat (25/10).

Bila berminat mendukung Jokowi, isi petisi di baranews.co, bergabung dengan grup https://www.facebook.com/groups/jokowipresiden7/ yang beranggotakan 304.500 orang.***(RJ)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riauheadline.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!
Berita Terhangat...
Selasa, 21 Oktober 2014 | 17:07:06
Parah, Dana Beasiswa Kerap Disunat Oknum PNS
Selasa, 21 Oktober 2014 | 16:14:45
Diduga Kuasai Ribuan Hektar HPT,
Masyarakat Adat Hulu Kuantan Laporkan Pemilik Modal
Selasa, 21 Oktober 2014 | 16:13:07
Ribuan Peserta Tes CPNS Rohil Daftar Ulang
Selasa, 21 Oktober 2014 | 16:11:56
Tambang Batubara Terkendal Jalan dan Harga
Selasa, 21 Oktober 2014 | 16:11:08
Ketua DPRD Riau Dapat Dua Mobnas Mewah Rp3,1 M
Selasa, 21 Oktober 2014 | 14:56:43
Mobil Box Angkut Bawang Ilegal Nyungsep ke Parit
Selasa, 21 Oktober 2014 | 14:55:39
Seorang Bocah di Kampar Hanyut di Sungai
Selasa, 21 Oktober 2014 | 14:54:08
Seorang Terakwa Divonis 7 Tahun,
Jaksa Terus Usut Korupsi Pengembangan KITB Siak
Selasa, 21 Oktober 2014 | 14:51:05
Lawan Arus, Pajero Gilas Pasutri Pengendara Motor
Selasa, 21 Oktober 2014 | 14:48:57
Duo Honda Tunggu Pebalap Hebat Indonesia