• Home
  • MediaOutReach
  • ClinicAll: Bagaimana Teknologi Blockchain Diaplikasikan pada Layanan Kesehatan Digital

ClinicAll: Bagaimana Teknologi Blockchain Diaplikasikan pada Layanan Kesehatan Digital

Media OutReach Kamis, 20 Juni 2019 14:37 WIB
NEUSS, JERMAN - Media OutReach - 20 Juni 2019 - Kemajuan teknologi terus mencapai puncaknya dari waktu waktu, persoalan-persoalan yang kini sulit untuk dipecahkan kini semakin mudah diatasi, mneyederhanakan pekerjaan dan tentunya lebih menghemat waktu.

Salah satu yang saat ini sedah populer adalah dengan hadirnya tekonolgi blockchain di bidang penyimpanan data, disebutkan para ahli teknologi blockchain merupakan platform penyimpanan data yang aman dan kunci untuk transformasi digital, sementara dalam hal manajemen data teknologi blockchain dianggap penting, karena manajemen data layanan kesehatan memerlukan pertimbangan lintas pengumpulan data, keamanan, aksesibilitas, dan privasi.

Blockchain dengan teknologi yang diusung menawarkan solusi holistik, namun, instansi yang berwenang dan badan pengawas harus membuka jalan bagi era baru layanan medis dan perawatan kesehatan dalam menggunakan teknologi ini.

Seperti diketahui, manajeman catatan medis pribadi adalah masalah bisnis di seluruh dunia. Industri perawatan kesehatan sangat membutuhkan digitalisasi. Terkadang beroperasi dengan sistem manajemen informasi kuno, seringkali berpuluh-puluh tahun ketinggalan jika dibandingkan dengan industri lain.

Menurut penelitian Life Sciences, data pasien berlipat ganda setiap 73 hari, akibatnya, data yang tak ternilai seringkali tidak direkam. Hal ini disebabkan oleh tingkat kepedulian yang tinggi tentang sensitivitas data, privasi dan hak-hak pasien. 

Lebih jauh, kendala akses karena protokol keamanan lama memperlihatkan peluang pelanggaran data dan menghambat akses ke data berharga oleh pihak ketiga, seperti unit penelitian.

Data pasien pribadi selalu dimuat dengan banyak masalah, misalnya Data apa yang harus dikumpulkan? Siapa yang berhak mengumpulkannya? Siapa yang memiliki informasi yang dikumpulkan? Bagaimana informasi ini digunakan? Dan seterusnya.

Ketika teknologi medis membaik, rekam medis akan terdiri dari riwayat medis yang komprehensif; termasuk vaksinasi, pemeriksaan rutin, insiden yang terdokumentasi, klaim asuransi, dankebiasaan gaya hidup. Implikasi masa depan dari data medis disalahpahami oleh sebagian besar masyarakat, semua data sangat berharga dan …

Baca artikel lengkap di https://medium.com/@clinicallhealthcare/healthcare-meets-blockchain-b21bb5fd0138?postPublishedType=initial

Kunjungi ClinicAll @ clinicall.io
Tags ClinicAllMedia OutReach
Komentar