• Home
  • Advertorial
  • DPRD Rohil Minta OPD Mampu Gali Peluang Program Pusat dan Provinsi

DPRD Rohil Minta OPD Mampu Gali Peluang Program Pusat dan Provinsi

Eka S Rabu, 15 November 2017 17:27 WIB
ROKAN HILIR - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir khususnya melalui seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Rohil diminta untuk bisa giat dalam mengali potensi yang ada dalam rangka meningkatkan pendapatan bagi daerah. 

Dengan adanya kerja keras itu tentunya akan berdampak pada percepatan pembangunan bagi daerah. Demikian disampaikan Ketua DPRD Rohil H Nasrudin Hasan, di Bagansiapiapi, Rabu (15/11). 

"Kepada seluruh OPD perlu mencari berbagai peluang yang ada, sehingga tidak hanya di kabupaten saja tapi bagaimana ke pusat, dan propinsi," tutur Nasrudin Hasan, kepada awak media.

Menurutnya, setiap OPD pasti memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan program dari pusat seperti yang berkaitan dengan program kesehatan, perumahan rakyat maupun pembangunan jalan. 

Tambahnya, hal itu nampak adanya keberhasilan dan telah dilaksnaakan tapi pihaknya tak ingin cepat berpuas diri. Bagaimana apa yang sudah berhasil dicapai dapat lebih ditingkatkan lagi sehingga perlu terus dibangun komunikasi yang baik dan intens dengan pihak propinsi ataupun pusat. 

Begitu juga tambahnya selaku kalangan dewan tetap menjalin komunikasi yang baik lewat mekanisme partai, fraksi yang ada. Sehingga apa yang menjadi kendala di tingkatan kabupaten dapat dibantu solusinya secara bersama-sama. 

Kondisi daerah pada saat ini terangnya masih mengalami defisit anggaran, seperti halnya pada tahun lalu. Dengan keadaan tersebut maka tentunya banyak program yang belum bisa dijalankan secara maksimal.  

Defisit tersebut diperkirakan masih terus berlangsung tahun depan karena itu pihaknya mengajak agar seluruh pihak yang terkait terutama pemkab untuk bisa lebih giat dan kreatif mengali apa saja potensi yang bisa dikembangkan sehingga pendapatan daerah mengalami peningkatan.

Pembangunan Harus Perhatikan Program Prioritas

Disisi lain, DPRD Rokan Hilir (Rohil) mengingatkan kepada Pemerintah Rohil untuk memperhatikan arah pembangunan yang dilaksanakan agar tidak jauh dari kebijakan dan prioritas yang ingin dicapai. 

"Perhatikan soal prioritas pembangunan daerah. Jangan sampai asal-asalan," kata Wakil Ketua DPRD Rohil Syarifudin MM,  Rabu (15/11) di Bagansiapiapi. Arah prioritas itu pun harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah yang ada. 

Menurut Syarifudin pemkab harus bisa mencermati perkembangan yang ada agar bisa diketahui sejauh mana sebuah program telah berhasil dijalankan. Apa yang menjadi kendala harus bisa ditangani dengan baik serta dicarikan solusinya. 

"Kebijakan yang ada secara subtansi memiliki formulasi kebijakan yang sesuai dengan kondisi ekonomi daerah serta kebijakan umum anggaran," katanya. Program yang bersifat prioritas tambahnya harus bisa dipahami dengan baik oleh segenap OPD yang ada, agar pencapaian yang ingin diraih sesuai dengan target. 

Seperti diketahui hal yang menjadi prioritas pemkab Rohil pada saat ini terkait dengan persoalan infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan lain-lain. Disamping itu meningkatkan pembangunan untuk di kawasan yang merupakan pesisir Rohil.

(adv/adv)
Tags DPRD RohilPemkab Rohil
Komentar