• Home
  • Lingkungan
  • Bupati Bengkalis Siap Tindaklanjuti Pesan Jokowi Terkait Karlahut

Bupati Bengkalis Siap Tindaklanjuti Pesan Jokowi Terkait Karlahut

Rony Pratama Selasa, 06 Februari 2018 14:04 WIB
Bupati Bengkalis Amril Mukminin, bersama Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, berbincang-bincang dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, usai mengikuti Rakornas Pencegahan Karhutla, Selasa, 6 Februari 2018.
JAKARTA - Bupati Bengkalis Amril Mukminin, mengaku siap mewujudkan harapan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, agar lebih meminimalisir kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di tahun 2018 dengan tahun sebelumnya.

“Memang Bapak Presiden menyampaikan tingkat kejadian Karhutla di tahun 2016 dan 2017, mengalami penurunan. Namun, beliau juga meminta agar lebih baik lagi untuk tahun 2018 ini. Tentunya kita sebagai salah satu kawasan yang rawan terjadinya kebakaran, siap menindaklanjuti pesan Presiden,” ujar Amril Mukminin.

Ungkapan itu disampaikannya di halaman Istana Negara, usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pencegahan Karhutla, bersama sejumlah Gubernur, Bupati/Walikota, Pangdam, Danrem, Kapolda, Dandim/Kapolres se-Indonesia, Selasa, 06 Februari 2018.

Masih kata Amril, berhubung Indonesia akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Asian Games yang diketahui bakal berlangsung pada tanggal 18 Agustus  sampai dengan 2 September 2018 mendatang, maka pencegahan Karhutla harus betul-betul di pandang serius.

“Karena kita juga tidak mau negara kita jadi malu dengan bencana kebakaran yang nantinya akan berdampak pada pengaruh kualitas udara, kita sebagai Pemerintah Daerah, siap untuk selalu mengingatkan masyarakat dan perusahaan-perusahaan agar tidak membersihkan atau membuka lahan dengan cara dibakar,” jelas Amril.

Disamping itu, Amril juga mengaku akan tetap terus meningkatkan sinergitas, koordinasi dan komunikasi kepada pihak-pihak terkait, agar Karhutla tidak terjadi di Kabupaten Bengkalis.

“Insya Allah, mudah-mudahan tahun 2018, Kabupaten Bengkalis nihil titik api yang akibatnya menjadi polusi udara, merugikan banyak hal, baik kesehatan maupun jalannya prekonomian,” harapnya. 

(ron/ron)
Tags Bupati BengkalisKabut AsapKarlahut
Komentar