• Home
  • Meranti
  • Sekda Kepulauan Meranti Buka Rakor Perencanaan Program Kesehatan Tahun 2018

Sekda Kepulauan Meranti Buka Rakor Perencanaan Program Kesehatan Tahun 2018

Syawal Rabu, 04 April 2018 23:01 WIB
MERANTI - Pembangunan di bidang kesehatan salah satunya upaya mencapai kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, yang merupakan investasi bagi pembangunan SDM yang produktif.

Hal itu diungkapkan Sekda Kepulauan Meranti, Yulian Norwis, dalam sambutannya saat membuka Rapat Koordinasi Perencanaan Program Kesehatan se- Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa 3 April 2018, di Ballroom Grand Meranti Hotel, Jalan Kartini, Selatpanjang.

Dikatakannya, semua komponen bangsa berperan dalam mewujudkan pembangunan kesehatan, mulai dari Pemerintah Pusat dan Daerah, lintas sektor dan swasta serta seluruh lapisan masyarakat. 

Ketiga komponen ini harus bersinergi dalam mencapai tujuan pembangunan kesehatan.Program lain yang perlu didorong adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). 

Dengan Germas, kata Sekda, akan terjalin kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat yang berprilaku hidup sehat. "Sehingga pada akhirnya dapat membentuk bangsa indonesia yang kuat," ujar Yulian Norwis.

Menyinggung soal masalah kesehatan di Kabupaten Kepulauan Meranti, Sekda menyebutkan masih banyak terjadi, hal itu harus segera di selesaikan jika ingin meningkatkan derajat hidup masyarakat saat ini dan yang akan datang.

"Terutama Puskesmas, agar mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan masalah kesehatan," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti, dr. Irwan Suwandi, dalam laporannya selaku penyelenggara kegiatan mengatakan, tujuan rakor itu adalah untuk menyusun rencana terpadu kebijakan pembangunan kesehatan di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Ini juga dalam rangka pencapaian target SPM bidang Kesehatan dan target indikator kinerja utama Dinas Kesehatan, yang dilakukan melalui pendekatan keluarga sehat dan universal health coverage, menuju Kepulauan Meranti yang sehat dan mandiri," ucapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari hingga Kamis 5 April 2018 dengan menghadirkan narasumber Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, BPJS Dumai perwakilan Kepulauan Meranti, Bappeda dan Diskes Kepulauan Meranti.

Sedangkan peserta terdiri dari para Camat, Kepala UPT Puskesmas, UPT Instalasi Farmasi, Pegawai RSUD Kepulauan Meranti dan pegawai Bappeda Kepuluan Meranti.

(fan/mcr)
Tags Pemkab MerantiSekda Meranti
Komentar