• Home
  • Nasional
  • Pemerintah Kembali Perpanjang PPKM Jawa-Bali dan Jabodetabek

Pemerintah Kembali Perpanjang PPKM Jawa-Bali dan Jabodetabek

Wili Hidayat Senin, 04 Oktober 2021 21:32 WIB
RIAUHEADLINE.COM - Pemerintah perpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali. Khusus di wilayah Jabodetabek, masih PPKM level 3.

Meski kasus telah menurun, wilayah Jabodetabek belum memenuhi ketentuan pelaksanaan PPKM level 2. Kurangnya cakupan vaksinasi menjadi penyebab Jabodetabek perpanjang PPKM level 3.

“Aglomerasi Jabodetabek belum turun karena ada di Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang, dan Bekasi masih kekuruangan vaksinasi,” ujar Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan.

Pemerintah akan menggenjot pelaksanaan vaksinasi di tiga wilayah tersebut. Sehingga dalam dua pekan ke depan, level PPKM Jabodetabek dapat turun menjadi level 2.

“Ada dua juta vaksin yang akan kita suntikan dalam waktu minggu-minggj ke depan,” terang Luhut yang juga Koordinator PPKM Jawa dan Bali.

Hal serupa juga terjadi di sejumlah wilayah aglomerasi. Berdasarkan aturan PPKM di Jawa dan Bali, indikator vaksinasi pada wilayah aglomerasi akan memgacu pada daerah dengan cakupan vaksinasi terendah.

Luhut bilang, kawasan Bandung Raya, Malang Raya, dan Surabaya masih berada pada PPKM level 3 meski pun secara indikator pandemi mengalami penurunan.

Sementara itu aglomerasi Solo Raya dapat turun dan menerapkan PPKM level 2.

Sebagai informasi, Luhut menyebut amgka reproduksi penularan Covid-19 di Jawa dan Bali telah berada di bawah angka 1. Jumlah testing pun akan terus digenjot untuk mencapai rasio kasus positif di bawah 1%.
Editor    : Wili Hidayat
Sumber : Kontan.co.id
Tags Berita TerkiniPPKMPPKM Level 2PPKM Level 3perpanjang ppkm
Komentar