• Home
  • Nasional
  • Pengajian Ustaz Abdul Somad di Masjid Nurul Falah PLN Jakarta Pusat Mendadak Batal

Pengajian Ustaz Abdul Somad di Masjid Nurul Falah PLN Jakarta Pusat Mendadak Batal

Hadi Pramono Kamis, 28 Desember 2017 15:41 WIB
Terlihat petugas memasukkan kembali makanan yang diduga berisikan nasi ke dalam mobil box usai dipastikan ceramah Abdul Somad batal. Foto: mediasosial
JAKARTA - Dai kondang Ustaz Abdul Somad mendadak batal mengisi ceramah agama di Masjid Nurul Falah PLN Jakarta Pusat, Kamis (28/12/2017).

Ustaz Abdul Somad seharusnya mengisi ceramah di masjid tersebut pukul 11.30-13.30 WIB, namun hingga pukul 12.00 WIB Ustaz Somad belum datang.

Ratusan jamaah sudah berdatangan ke lokasi pengajian. Namun, sesampainya di masjid tak ada tanda-tanda bahwa akan digelar pengajian.

Tenda berwarna putih yang terpasang di area masjid dibongkar. Jamaah menerima informasi bahwa pengajian dibatalkan.

Terkait apa penyebab dibatalkannya ceramah tersebut belum ada konfirmasi dari panitia ataupun takmir masjid.

Sementara Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Jakarta Pusat Komisaris Suyatno membenar batalnya ceramah ustaz asal Riau itu. "Kami dapat informasi terakhir acaranya diundur, ditunda, gitu," kata Suyatno.

Suyatno belum tahu persis kenapa ditunda dan sampai kapan. Suyatno bilang yang tahu soal itu panitianya.

Setelah agenda ceramah di Masjid Nurul Falah ditunda, kata Suyatno, Abdul Somad melanjutkan agenda ceramah di Jalan Budi Kemulyaan, Kelurahan Gambir.

"Sekarang dia melaksanakan acara di Jalan Budi Kemulyaan. Ada jadwal di situ," kata Suyatno.

Sementara itu, setelah dipastikannya ceramah Abdul Somad di Masjid Nurul Falah PLN Jakarta Pusat, tak lama muncul pesan viral di grup-grup percakapan. Inti pesannya kecewa dengan penundaan tersebut dan menuding dibaliknya ada peran kekuasaan.

Pengamanan

Sebelum dibatalkan, anggota polisi sejak pagi tadi mengamankan area sekitar gedung PLN Disjaya.

"Kami kan dapat surat pemberitahuan mengenai acara. Kami tempatkan anggota untuk misalna pengaturan lalu lintas dan lainnya supaya lancar," kata Suyatno.

Ketika ditanya berapa jumlah anggota polisi yang dikerahkan ke lokasi, Suyanto tidak menyebut angka. Situasional, katanya. Artinya, disesuaikan dengan situasi di lapangan.

Nama Abdul Somad belakangan ini menjadi sorotan setelah ditolak masuk Hongkong oleh petugas Bandara Internasional Hongkong pada Ahad(24/12/2017).

Untuk diketahui, Ustaz Somad memiliki agenda safari dakwah dari 28-29 Desember 2017. Pada hari ini, Ustaz Somad dijadwalkan mengawali kegiatannya di Gedung Sarana Jaya Jakarta Pusat pukul 09.00-11.00 WIB.

Kemudian pukul 11.30-13.30 akan berlangsung di Masjid Nurul Falah PLN Jakarta Pusat. Dilanjutkan di Masjid Nurul Ikhlas Yayasan Annajiyah Tangerang Selatan dan dilanjutkan di Musholla Nurul Iman Pondok Aren Tangerang Selatan.

Panitia Bantah ada Intervensi

Panitia Penyelenggara Pengajian Masjid Nurul Falah PLN Disjaya, M Ismed Suryanegara membantah bila ada kabar yang menyebut pembatalan pengajian Ustaz Abdul Somad Kamis (28/12), karena ada intervensi pihak luar. Ismed yang juga merangkap Ketua Jamaah Dakwah Islamiah PLN Disjaya ini menegaskan tidak ada tuduhan intervensi tersebut.

Dia menegaskan, pembatalan murni karena keterbatasan tempat dan sarana di area Masjid Nurul Falah komplek PLN Disjaya. 

"Tidak ada (desakan, Red), murni (pembatalan, Red) dari kita semua. Jadi kekhawatiran-kekhawatiran itu yang membuat kita mengambil inisiatif untuk membatalkan," kata Ismed kepada wartawan saat konferensi pers terkait pembatalan pengajian Ustaz Abdul Somad, Kamis (28/12).

Ismed mengatakan, sudah menyampaikan kondisi yang ada ke tim Ustaz Abdul Somad. Tim Ustaz Somad kemudian yang memutuskan, setelah itu panitia pun membatalkan. 

Dengan demikian, Ismed menegaskan kesalahan itu bukan kesalahan tim Ustaz Abdul Somad. Melainkan, pihak penyelenggaralah yang berupaya mengalihkan pengajian itu, ke tempat yang lebih besar.

Keputusan panitia yang akan memindahkan pengajian itu, dikatakannya, menjadi keberatan dari pihak tim Ustaz Abdul Somad. Inilah yang akhirnya membuat pengajian dibatalkan.

"Jadi memang ini keputusan yang berat, karena ini juga demi mengamankan objek vital. Karena di sini ada gardu juga, saya khawatir bila terjadi apa-apa kepada jamaah sehingga menyebabkan hal yang membahayakan," ungkap Ismed yang juga menjabat Manager Keuangan di PLN Disjaya.

Sebelumnya pengajian Ustaz Abdul Somad di komplek PLN Disjaya, Gambir, Jakarta Pusat pada Kamis (28/12) siang harus dibatalkan. Pengajian yang akan disampaikan Ustaz Abdul Somad di PLN Disjaya bertema 'Membangun Ukhuwah untuk Kemajuan Umat'.

Pembatalan diakui panitia karena persoalan keterbatasan tempat dan ada ketidaksepakatan pemindahan lokasi antara penyelenggara dengan tim Ustaz Abdul Somad. Pembatalan ini pun sempat mengecewakan banyak jamaah yang telah memenuhi area di sekitar Masjid Nurul Falah sejak Kamis siang.

Sumber: republika.co.id
Tags Abdul SomadPLN
Komentar