• Home
  • Olahraga
  • Brad Binder Menang Dramatis di MotoGP Austria 2021

Brad Binder Menang Dramatis di MotoGP Austria 2021

Wili Hidayat Minggu, 15 Agustus 2021 22:01 WIB
AUSTRIA - Hasil MotoGP Austria 2021 keluar sebagai pemenangnya adalah Bard Binder, pembalap Red Bull KTM Factory Racing itu menang dramatis setelah bertahan dari lima lap terakhir yang diwarnai hujan deras dengan ban kering.

Balapan kandang KTM yang diwarnai penampilan sensasional setelah mengambil perjudian terbesar dalam sejarah Grand Prix baru-baru ini.

Saat hujan lebat turun dengan enam lap tersisa, Brad Binder memilih untuk tetap memakai ban kering melanjutkan balapan saat pemimpin balapan mengganti motor basah.

Pertaruhan nekat yang terbayar dengan cara yang sangat menakjubkan.

Jorge Martin awalnya melakukan start sempurna dari pole, namun rekan pebalap Ducati Francesco Bagnaia langsung memimpin setelah lap pertama.

Terjadi kontak antara Martin dan Fabio Quartararo di tikungan 6 saat pebalap Yamaha itu berusaha masuk ke dalam.

Kedua pembalap melebar, yang memungkinkan Johann Zarco ke posisi kedua, sementara Marc Marquez menurunkan Quartararo ke urutan kelima.

Marquez kemudian mengungguli Martin untuk posisi ketiga sama seperti Jack Miller yang membuat empat pembalap Ducati masuk lima besar setelah menurunkan Quartararo ke urutan keenam.

Serangan pembalap Repsol Honda itu tak berhenti sampai di situ, karena pada lap ketiga Marquez berhasil melewati Zarco untuk merebut P2.

Martin kemudian melakukan double overtake pada lap empat saat ia melewati rekan setimnya Zarco dan Marquez.

Martin mengikutinya dengan membuat langkah untuk memimpin di lap enam, tetapi melebar di tikungan tujuh yang memungkinkan Bagnaia, Marquez dan Quartararo melewatinya.

Quartararo dan Bagnaia kemudian bertukar keunggulan pada lap delapan, namun Bagnaia tetap unggul saat pebalap Yamaha itu melebar di tikungan pertama.

Lima besar Bagnaia, Quartararo, Marquez, Martin dan Zarco kemudian bertahan selama beberapa lap, sementara Mir mengungguli Miller untuk keenam pada lap 11.

Dengan sembilan lap tersisa, Marquez mengungguli Quartararo untuk posisi kedua saat pembalap Prancis itu melebar di tikungan ketiga. Saat hujan turun untuk kedua kalinya, Miguel Oliveira terjatuh di tikungan pertama, sementara Marquez dan Bagnaia berebut keunggulan.

Miller dan Alex Rins membuat pilihan awal untuk memasuki pit lane dan melakukan pergantian sepeda ke ban basah. Martin dan Mir mendekati tiga depan - menjadikannya pertarungan lima arah untuk podium sebelum Binder juga merapat.

Lima pemain depan kemudian diadu dengan ban basah, sementara Binder tetap berada di luar jalur bersama Aleix Espargaro untuk unggul 1-2.

Marquez kemudian jatuh dengan hanya dua lap tersisa saat Binder memperlebar keunggulannya dengan ban kering di trek yang benar-benar basah. Binder kemudian meraih kemenangan setelah secara mengejutkan meluncur di dua lap terakhir.

Perebutan posisi kedua - dipimpin oleh Iker Lecuona dan Aleix Espargaro tampak siap untuk mengisi tempat podium yang tersisa, namun, pembalap ban basah pertama Bagnaia dan Martin merombak kelompok tujuh pembalap di dua detik terakhir untuk mengklaim Ducati 2-3 .

Enea Bastianini harus mundur dari balapan setelah fairingnya lepas di pertengahan balapan, sementara runner-up klasemen sementara, Zarco, tersingkir dengan sepuluh lap tersisa.

Brad Binder Mengaku Hampir Tak Bisa Memegang Motor


Brad Binder memberikan tanggapannya atas keputusan penuh risiko yang ia ambil saat menjuarai MotoGP Austria 2021. Balapan MotoGP Austria yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, menisbatkan rider Red Bull KTM, Brad Binder sebagai pemenang.

Satu di antara sorotan yang diberikan kepada Brad Binder adalah ia tetap membalap di tengah guyuran hujan menggunakan ban kering.

Drama tersaji sepanjang race MotoGP Austria. Ketika race menyisakan lima putaran dari 28 yang ditentukan, cuaca tiba-tiba berubah mendung.

MotoGP Austria awalnya berlangsung dry race, namun berubah menjadi wet race jelang rampung balapan. Race Director memutuskan untuk menginformasikan bahwa balapan berubah menjadi flag to flag karena perubahan cuaca.

Para rider satu per satu masuk ke pit lane untuk mengganti motor (termasuk penggunaan khusus ban trek basah). Namun Brad Binder tidak mengambil keputusan tersebut dan terus mengaspal di menggunakan ban kering.

Hasilnya, perjudian yang dilakukan Binder membawa berkah. Ia sukses meraih podium utama diikuti Francesco Bagnaia (Ducati) dan Jorge Martin (Pramac Ducati).

Pasca-race, Binder mengaku sedikit takut dengan keputusan aksi nekat yang ia lakukan. "Itu benar-benar menakutkan! Ketika hujan mulai turun dan semua orang datang ke pit, saya mengambil risiko," terang Binder, seperti yang dikutip dari laman Paddock-GP.

Tak sampai di situ, pembalap asal Afrika Selatan ini juga sempat dibuat panik dengan pengereman motornya yang tak berfungsi akibat guyuran hujan.

"Awalnya baik-baik saja, tapi kemudian hujan semakin deras. Rem saya mendingin. Pada akhirnya saya hampir tidak bisa memegang motor karena saya hampir tidak memiliki efek pengereman dengan baik," tambahnya melanjutkan.

Brad Binder sukses menjaga posisi pertama hingga finis dengan total waktu 40 menit 43,928 detik. Kemenangan ini menghantarkan Binder duduk di posisi enam klasemen MotoGP 2021 dengan koleksi 98 poin.

Sedangkan Fabiano Quartararo, kini membukukan 181 angka dan masih nyaman di urutan pertama. Adapun Rossi, ini untuk kali pertama sepanjang musim MotoGP 2021 ia finis di posisi 10 besar.

Hasil MotoGP Austria 2021

1 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16) 40m 46.928s
2 Francesco Bagnaia ITA Ducati Team (GP21) +9.991s
3 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP21)* +11.570s
4 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +12.623s
5 Luca Marini ITA Sky VR46 Avintia Ducati (GP19)* +14.831s
6 Iker Lecuona SPA KTM Tech3 (RC16) +14.952s
7 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1) +16.650s
8 Valentino Rossi ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) +17.150s
9 Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V) +17.692s
10 Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP) +18.270s
11 Jack Miller AUS Ducati Team (GP21) +25.144s
12 Danilo Petrucci ITA KTM Tech3 (RC16) +25.193s
13 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) +25.603s
14 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +30.642s
15 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) +35.459s
16 Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V) +40.384s
17 Cal Crutchlow GBR Petronas Yamaha (YZR-M1) +52.950s
18 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16) DNF
19 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP21) DNF
20 Enea Bastianini ITA Avintia Ducati (GP19)* DNF
Editor    : Hadi Pramono
Sumber : Crash.net
Tags Berita TerkiniBrad BinderHasil MotoGP Austria 2021MotoGP
Komentar