• Home
  • Siak
  • Tanoto Foundation Ketemu Plt Bupati Siak Bahas Kualitas SDM Guru Siak

Tanoto Foundation Ketemu Plt Bupati Siak Bahas Kualitas SDM Guru Siak

Arif Rahim Selasa, 10 April 2018 23:11 WIB
SIAK - Tanoto Foundation sebuah yayasan sosial yang tergabung di Royal Golden Eagle (RGE) Group yang juga induk dari April, PT RAPP, Asian Agri dan Asian Simbol, dengan pendanaan mandiri.

Saat ini fokus di dalam mendukung program nasional untuk meningkatan mutu pendidikan dasar di Indonesia.Koordinator Tanoto Foundation Wilayah Riau Dendi Satria Buana saat di temui seusai melakukan pertemuan bersama Plt. Bupati Siak H. Alfedri di Kantor Bupati Siak Senin 09/04/2018. 

Dia mengatakan, Tanoto Foundation sebuah yayasan sosial yang bergerak di bidang peningkatan kwalitas guru secara nasional.

Dengan program yang di bernama Pelita Pendidikan. Pada 2010 program ini telah berjalan di tiga provinsi yaitu Provinsi Sumatra Utara,Riau dan Jambi sedangkan untuk Riau sendiri ada enam kabupaten atau kota yang  telah mendukung dengan program peningkatan kuwalitas guru. Tahun ini  akan melakukan kerjasama dengan pemkab yang ada di Provinsi Riau salah satunya Pemkab Siak.

"Kita datang menemui bupati Siak ingin menyampaikan program yang kita miliki, agar bisa di terapkan di Kabupaten Siak. Ketertarikan kita dengan Siak, saya melihat Pemkab Siak sangat peduli terhadap peningkatan kualitas pendidikan terutama para gurunya. Selain itu, juga kami melihat tatakelola pemerintah daerah cukup baik, makanya kami akan coba melakukan kerjasama,"terang Dendi.

Dendi menambahkan, program pelita pendidikan ini kita tawarkan kepada Pemkab Siak agar nanatinya para guru terutama guru SD, SMP, kepala sekolah dan pegawas diberikan pelatihan menjadi tutor di Jakarta. setelah mereka usai mengikuti pelatihan, nantinya mereka akan di bina  menjadi tutor bagi rekan-rekannya di daerah lain yang ada di Kabupaten Siak.

"Paliot program di tahun pertama nantinya ada 24 sekolah sebagai model pada tahun 2018, untuk tingkat SD 16, sedangkan tingkat SMP berjumlah 8, yang nantinya masing-masing sekolah akan kita monitoring samapi ada peraktek terbaik yang bisa di adopsi di wilayah lainnya yang ada di Kabupaten Siak,"tutur Dendi.

Kegiatan ini akan loncing pada bulan Agustus mendatang, yang di tindaklanjuti dengan penandatanganan kerjasama antara Pemkab Siak dengan Tanoto Foundation, sebagai pilot project kegiatan ini yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kemenag.

"Kita telah mensosialisasikan kepada Kementrian Pendidikan dan Kementrian Agama RI, dan hasilya mereka merekomendasiakan langsung ke kami agar kami menjajaki kabupaten atau kota yang potensisal dengan program pendidikannya, agar terciptannya keselarasan seperti di Pemkab Siak saat ini,"tandas Dendi.

Sementara itu Plt Bupati Siak Alfedri mengapresiasi kehadiran manajemen Tanoto Foundation yang ingin bermitra bersama pemkab Siak, kehadiran manajemen Tanoto Foundation sangat tepat. Sebab di saat kondisi keuangan mengalami penurunan pihaknya tidak akan mampu untuk melakukan peningkatan Kualitas mutu guru secara rutin, untuk mengtasi hal itu kita membutuhkan pihak ketiga seperti contoh yaitu adalah melakukan kerjasama dengan CSR korporasi, juga bersama yayasan yang bergerak di bidang pendidikan. 

"Kita sangat mendukung dan berterimakasih kepada manajemen Tanoto Foundation yang ingin berkerjasama kepada kita. Tanoto Foundation adalah yayasan filatropi yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dengan fokus kegiatan pada sektor pendidikan. Tentunya kesempatan yang baik ini sangat kita dukung, agar para guru yang lulus seleksi nanti di beri pelatihan di Jakarta dan kembali nanti bisa menjadi tutor di daerah," kata Alfedri.

(arf/mcr)
Tags Asian AgriPemkab SiakRAPPTanoto FoundationWabup Siak
Komentar