• Home
  • Sosial
  • Wabup Alfedri Sebut PWI Siak Ikut Berperan Bangun Daerah

Wabup Alfedri Sebut PWI Siak Ikut Berperan Bangun Daerah

Arif Rahim Jumat, 26 Januari 2018 19:07 WIB
SIAK - Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang melantik pengurus PWI Siak masa bakti 2018-2021, Kamis (25/1/2018) di gedung Tengku Mahratu, Siak. Pelantikan tersebut berlangsung meriah.

Sebanyak 20 orang pengurus PWI yang dilantik sangat rapi. Masing-masing memakai stelan yang elegan, yakni jas, dasi yang berpadu dengan celama bahan hitam serta sepatu kulit. Wakil Bupati Siak Alfedri hadir pada pelantikan tersebut. Tampak pula beberapa pimpinan OPD, anggota dewan, kepolisian, pihak-pihak perusahaan serta udangan lainnya.

Ketua PWI Siak yang baru dilantik, Ali Masruri S.Pdi, mengaku senang telah resmi, baik secara defakto maupun dejure, memimpin PWI untuk 3 tahun ke depan. Ia berjanji akan memberikan kontribusi untuk peningkatan kualitas wartawan di Siak.

"Fenomena pemberitaan hari ini sangat dinamis. Seiring dengan perkembangan teknologi, juga bersileweran berita hoax. Nah, PWI komitmen memerangi berita hoax tersebut," kata dia.

Ia juga mewanti-wanti anggota PWI Siak agar bekerja secara profesional. Motivasi seorang wartawan harus bebas dari rasa suka atau tidak suka, supaya dapat menjaga kode etik jurnalistik. Ia terang-terangan mengatakan agar anggota PWI tidak menjadi pewarta yang suka menyebar hoax.

"Apalagi saat ini merupakan tahun politik. Jadi wartawan jangan ikut terlibat emosionalnya sehingga menyebar berita hoax. Ingatlah, esensi jurnalistik itu adalah kejujuran," kata dia.

Tidak hanya itu, pria yang akrab disapa Ali itu menyatakan PWI Siak siap menjadi garda terdepan untuk menjaga fungsi pers itu sendiri. Adapun program kerja yang akan digarap juga terkait peningkatan kualitas anggota.

"Kita tidak bisa lagi cuek dengan keadaan sekarang. Paling tidak kami secara internal akan banyak membahas soal kualitas, di samping kegiatan-kegiatan lain yang membangun," kata dia.

Menghadapi tahun politik ini, kata dia, pihaknya juga mengambil peran, yakni meredam berita hoax dan ujaran kebencian. Kemudian mengajak wartawan tetap bersikap independen serta mengajak masyarakat cerdas menerima berita.

"Saya mohon dukungan semua pihak, agar tugas fungsi dan peran kita dapat berjalan maksimal," kata dia.

Wakil Bupati Siak Alfedri ikut membanggakan PWI Siak. Sebab, selama ini PWI telah menjadi mitra Pemkab Siak dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

"Tahniah atas pelantikan pengurus PWI Kabupaten Siak, dan kepada segenap pengurus dan anggota PWI Siak semoga bisa menjalankan amanah dengan baik," kata dia.

"Kami masih sangat mengharapkan pers berkembang baik di Siak, dan terus menjadi mitra pemerintah. Kami ingin sinergitas antara pers dan pemerintah dapat terus berjalan," kata dia.

Pemkab Siak, kata dia, bukanlah instansi yang anti kritik. Selama kritikan yang disampaikan melalui media itu membangun. "Kalau tidak ada kritik dan saran, tentu tidak ada evaluasi dari masyarakat terhadap pemerintahan," kata dia.

(rls/arf)
Tags PWIPemkab SiakWabup Siak
Komentar