• Home
  • Tekno
  • Masuk Facebook Tidak Bisa? Apa Penyebabnya

Masuk Facebook Tidak Bisa? Apa Penyebabnya

Budi Harsono Selasa, 05 Oktober 2021 13:01 WIB
RIAUHEADLINE.COM -  Para pegawai Facebook tak bisa bekerja di kantor, Senin, 4 Oktober 2021 waktu setempat. Mereka tak bisa masuk ke dalam kantor karena server Facebook down.
 
Layanan jejaring sosial yang berkantor pusat di California, Amerika Serikat itu memang sempat mengalami masalah server. Melansir New York Times, Facebook mengalami gangguan Domain Name System (DNS).
 
Hal itu membuat Facebook dan beberapa media sosial di bawah naungannya seperti WhatsApp dan Instagram ikut terdampak. Bahkan tak hanya itu, akses karyawan untuk masuk ke dalam kantor pun ikut terkena imbas.

New York Times sempat membagikan memo internal yang beredar di kalangan karyawan Facebook. Mereka tak bisa bekerja karena tidak bisa masuk ke dalam kantor yang membutuhkan akses kartu digital.
 
Karyawan lainnya pun mengeluhkan jaringan telepon dan email ikut mengalami masalah. Kekacauan sistem internal juga terganggu dan menyerang platform komunikasi internal Facebook, Workplace.
 
Alhasil, sejumlah karyawan memutuskan untuk melakukan komunikasi menggunakan platform lain. Facebook pun telah mengirimkan tim ke Santa Clara, California untuk melakukan reset manual server.
 
Seperti diketahui, layanan jejaring sosial Facebook, WhatsApp, dan Instagram sempat mengalami gangguan, Senin, 4 Oktober 2021 malam. Gangguan serve itu pun berimbas ke pengguna di seluruh dunia.
 
"Kami memohon maaf. Kami telah bekerja keras memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami, dan dengan senang hati melaporkan (server) telah kembali online sekarang. Terima kasih telah bertahan bersama kami," bunyi pernyataan resmi Facebook di Twitter, Selasa, 5 Oktober 2021.
Editor    : Budi Harsono
Tags Berita TerbaruBerita TerkiniFacebookInstagramServer Facebook DownWhatsApp
Komentar