Bupati Bengkalis Buka Seminar Sosiologi Agama

Rony Pratama Senin, 30 April 2018 16:45 WIB
BENGKALIS - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin diwakili Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Asisten II Setda) Bengkalis, H. Heri Indra Putra, menghadiri sekaligus membuka Seminar Sosiologi Agama sebagai Problem Resolution Of Society yang ditaja oleh Program Studi (Prodi) Sosiologi Agama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis, Senin (4/30/2018) pagi, bertempat di aula Al-Farabi STAIN Bengkalis.

Dalam sambutan Bupati Bengkalis yang dibacakan Asisten II Setda Bengkalis memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi â€" tingginya serta menyambut baik atas diselenggarakannya seminar sosilogi agama sebagai problem resolution of society tersebut.

“Sosiologi agama selalu berusaha untuk menemukan pinsip-prinsip umum mengenai hubungan agama dengan masyarakat. Sosiologi agama adalah suatu cabang sosiologi umum yang mempelajari masyarakat agama secara sosiologis guna mencapai keterangan-keterangan ilmiah dan pasti, demi kepentingan masyarakat agama itu sendiri dan masyarakat luas pada umumnya,” ungkap Heri.

Selanjutnya heri menambahkan jika tugas dari sosiologi umum adalah untuk mencapai hukum kemasyarakatan yang seluas-luasnya, maka tugas dari sosiologi agama adalah untuk mencapai keterangan-keterangan ilmiah tentang masyarakat agama khususnya.

“Dapat disimpulkan bahwa agama merupakan suatu institusi sosial, yang akan tetap ada dan fungsional dalam masyarakat. tanpa agama, masyarakat akan mengalami kegoncangan, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat," ucap Heri.

"Jika suatu masyarakat mengalami konflik yang disebabkan oleh persoalan agama, sebenarnya bukan karena agama itu sendiri, melainkan kesalahan dalam memahaminya," tutup Heri.

(ron/ron)
Tags Bupati BengkalisPemkab Bengkalis
Komentar