• Home
  • Bengkalis
  • Bupati Bengkalis Instruksikan Jangan Ada JCH yang Tak Divaksin Meningitis

Bupati Bengkalis Instruksikan Jangan Ada JCH yang Tak Divaksin Meningitis

Rony Pratama Jumat, 18 Mei 2018 00:18 WIB
BENGKALIS - Berbagai upaya terus dilakukan Bupati Bengkalis Amril Mukminin agar pelayanan semakin dekat dan mudah didapat oleh masyarakat. Salah satu pelayanan dimaksud adalah di bidang kesehatan. Khususnya pemberian vaksin meningitis bagi Jemaah Calon Haji (JCH).

Jika dahulu untuk memperoleh vaksin itu harus menempuh jarak yang jauh dan membutuhkan biaya tak sedikit yang harus dikeluarkan para JCH, sekarang tidak lagi.

Pasalnya, jika selama ini pemberian vaksin tersebut terpusat dan harus dilakukan di ibukota Kabupaten Bengkalis, mulai tahun ini pemberiaan vaksin tersebut sudah dilakukan di sejumlah UPT Puskesmas di daerah ini.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin menjelaskan, hingga Rabu, 16 Mei 2018, pemberian vaksin meningitis tersebut sudah dilakukan untuk JCH dari beberapa kecamatan.

Dijelaskannya, pada Sabtu, 12 Mei 2018, telah diberikan vaksinasi kepada JCH asal Kecamatan Pinggir dan Talang Muandau yang dipusatkan di UPT Puskesmas Sebanga.

Selanjutnya, pada Ahad, 13 Mei 2018, pemberian vaksin meningitis untuk JCH asal Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan yang dipusatkan di UPT Puskesmas Duri.

Sedangkan pada Selasa, 15 Mei 2018, jelas Bupati Amril, vaksinasi serupa diberikan untuk JCH asal Kecamatan Bukit Batu, Bandar Laksamana dan Siak Kecil yang dilakukan di UPT Puskesmas Sungai Pakning.

Kemudian pada Rabu, 16 Mei 2018, pemberian vaksinasi bagi JCH dari Kecamatan Bantan.

“Untuk JCH Kecamatan Bengkalis dijadwalkan setelah hari raya Idul Fitri 1439 H bersama JCH asal Rupat dan Rupat Utara,” jelasnya di sela-sela melakukan peninjauan pelayanan ke UPT Puskesmas Duri, Rabu siang kemarin, 16 Mei 2018.

Ditegaskan mantan Kepala Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir tersebut, dia sudah menginstruksikan Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis agar memberikan pelayanan terbaik untuk para JCH dalam pemberian vaksin tersebut.

“Karena setiap JCH yang sudah divaksin meningitis akan mendapat sertifikat yang menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan visa, kami sudah instruksikan Dinas Kesehatan agar jangan sampai ada satu pun JCH daerah ini yang tak memperoleh vaksin meningitis,” tegas Bupati Amril.

(ron/ron)
Tags Bupati BengkalisCalon Haji
Komentar