Pj Bupati Bengkalis Manfaatkan Gedung Daerah Baru

Roni Pratama Rabu, 21 Oktober 2020 19:23 WIB
BENGKALIS - Gedung Daerah Bengkalis kembali dimanfaatkan. Sebelumnya digunakan untuk rapat staf, kali ini dimanfaatkan Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi untuk pendistribusian zakat oleh Baznas, Rabu (21/10/2020).

Dikatakan Abdi, pemanfaatan Gedung Daerah baru ini merupakan salah satu terobosan yang dilakukannya setelah tiga pekan menjabat sebagai Pj. Bupati Bengkalis. 
"Tidak ada yang tidak bisa kita lakukan selama kita bersatu padu bersama-sama membangun Negeri Junjungan ini. Terbukti, bahwa Gedung Daerah yang selama ini terbengkalai dapat difungsikan dengan baik," kata Abdi melanjutkan. 

"Kita harus dapat mempertanggungjawabkan amanah yang telah dipercayakan oleh negara dan masyarakat untuk membangun Kabupaten Bengkalis ini dan mensejahterakan masyarakatnya," ujar Abdi.

Setelah ini, kata Abdi, Gedung Daerah akan digunakan untuk agenda MTQ ke-45 Tingkat Kabupaten Bengkalis yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 22 November 2020 mendatang. 
"Tidak menutup kemungkinan, sebelum pelaksanaan MTQ, Gedung Daerah akan dipakai lagi untuk agenda-agenda penting lainnya, sehingga gedung daerah ini benar-benar berfungsi sebagaimana mestinya," jelas Abdi.

Sebagai data pendukung, untuk pertama kalinya sejak terbengkalai pada masa pemerintahan sebelumnya, Pj Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi menggelar rapat di Gedung Daerah yang baru. 

Walau sebagian gedung mengalami kerusakan, namun tidak menyurutkan langkah orang nomor satu di Negeri Junjungan ini untuk menggelar rapat di gedung tersebut.

Rapat dilaksanakan di salah satu ruang pertemuan yang sudah direhab sehingga layak untuk dipergunakan. 

Dalam rapat yang berlangsung Selasa (6/10/20) lalu, Syahrial Abdi didampingi Sekretaris Daerah Bengkalis H Bustami HY dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis H Heri Indra Putra, membahas mengenai pengelolaan aset daerah dan tugas fungsi lainnya di Kabupaten Bengkalis.

Syahrial Abdi minta agar Kepala PD untuk melaksanakan tugas dan fungsinya dengan benar sesuai dengan kewenangannya. Terkait dengan pengelolaan aset daerah, Pj Bupati menekankan perlunya parhatian khusus dari Kepala PD dalam penatausahaannya, begitu pula terhadap pengurus barangnya.

"Tolong perhatikan dan beri atensi kepada mereka seperti kita memberi atensi kepada bendahara kita. Dengan begitu maka kinerja pasti akan lebih meningkat,” jelasnya.

Syahrial Abdi juga berharap perhatian lebih kepala PD selaku pengguna barang di instansi masing-masing. 

"Kalau lihat SK ibu bapak PD selalu beriringan pengguna barang garis miring pengguna anggaran. Tapi prakteknya kita sering mengabaikan kedudukan kita sebagai pengguna barang,” ucapnya

Kemudian, terkait pelimpahan aset yang ada di Kabupaten Bengkalis ke Provinsi, Pj Bupati Bengkalis meminta untuk diperhatikan segala kelengkapannya. 

"Saya berharap perhatian jika masih ada di kantor masing-masing belum diserahkan pelimpahannya, segera selesaikan secepatnya. Begitu pula usulan usulan untuk pelimpahan sebanyak 33 aset Provinsi Riau ke Kabupaten Bengkalis,” ujarnya lagi

Dalam kesempatan tersebut Syahrial Abdi juga memberikan penghargaan kepada 10 PD terbaik dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) tahun 2019, yakni Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, DPMPTSP, RSUD, Perkim, Kesbagpol, Dinas Ketahanan Pangan dan BKPP.***(Infotorial)
Tags Baznas BengkalisBupati BengkalisPemkab BengkalisZakat
Komentar