• Home
  • Advertorial
  • DPRD Gelar Rapat Paripurna Peringatan HUT Ke-18 Kabupaten Rohil

DPRD Gelar Rapat Paripurna Peringatan HUT Ke-18 Kabupaten Rohil

Eka S Rabu, 04 Oktober 2017 15:38 WIB
ROKAN HILIR - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau menggelar rapat paripurna istimewa memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Kabupaten Rohil di Gedung Serbaguna Bagansiapiapi, Rabu (4/10/2017).

Rapat paripurna istimewa itu dipimpin langsung Ketua DPRD Rohil H. Nasrudin Hasan didampingi Wakil Ketua Suyadi, Abdul Kosim dan H. Syarifuddin serta seluruh anggota dewan.

Paripurna puncak HUT Kabupaten Rohil juga dihadiri Gubernur Riau diwakili Asisten I Setdaprov Riau Ahmad Syah Harrofie, Bupati Rohil H. Suyatno, Wakil Bupati Drs H. Jamiludin, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Rohil, Sekda Rohil H. Surya Arfan, Sekwan Rohil Firdaus, sejumlah anggota DPRD Riau daerah pemilihan (Dapil) Rohil H. Asri Auzar, Firdaus dan Siswadja Muljadi, Walikota Dumai Zulkifli, Asisten III Bengkalis, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Rohil, Ketua LAMR Rohil, Ketua KPU, Ketua Panwaslu, tokoh masyarakat dan para tamu undangan.

Ketua DPRD Rohil H. Nasrudin Hasan usai paripurna menyampaikan rasa syukur yang kini Kabupaten Rohil genap berusia 18 tahun. Menurut dia, diusia tersebut merupakan suatu masa yang panjang ibaratkan seseorang yang berarti cukup dewasa.

“Dalam arti kata Kabupaten Rohil selama 18 tahun ini tentu telah banyak hal yang dicapai, namun banyak pula harapan yang belum dapat kita laksanakan,” ujar Nasrudin Hasan.

Dia mengatakan semakin tahun suasana semakin berat, yang semestinya semakin tahun semakin lapang. “Karena kita kan sudah membangun beberapa tahun, maka dari itu kita himbau kepada semua pihak dalam membangun ini harus bersabar,” katanya pula.

Dalam paripurna ia juga sudah menyampaikan kepada semua OPD Rohil agar mencari peluang-peluang di pemerintah  pusat melalui instansi terkait, baik itu program infrastruktur jalan, kesehatan, perumahan dan lainnya.

“Memang peluang-peluang itu sudah dilaksanakan. Karena itu kita harus memacu bagaimana kita lebih membangun komunikasi dengan provinsi. Kemudian kita melalui anggota dewan melalui mekanisme partai, fraksi baik itu ditingkat kabupaten, provinsi dan pusat,” sebut dia.

Nasrudin juga mengungkapkan bahwa Pemkab Rohil telah mempunyai rencana bersama pemerintah pusat, yaitu kontrak bagi hasil chevron akan berakhir pada tahun 2021. 

Karena, terang dia, sesuai dengan keterangan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) saat ditemui beberapa waktu lalu di Jakarta mendapat kejelasan bahwa Rohil mendapatkan bagian 10 persen dari seluruh operasional, ditambah hak daerah sebagai kabupaten/kota 6 persen.

“Nah, saya membayangkan akan kembali lagi nanti anggaran kita mencapai Rp2-3 triliun. Tapi untuk mencapai tahun 2021 kan butuh waktu dan kesabaran, perlu juga banyak cara untuk menutup kebutuhan pembangunan kita,” tuturnya.

DPRD bersama Pemkab tidak henti-hentinya terus berusaha agar anggaran tiap tahunnya besar. “Namun sumbernya darimana, makanya kepada masyarakat dan kita juga menghimbau kepada wajib pajak karena andalah pahlawannya. Kewajibannya tolong diselesaikan membayar pajak tepat waktu, tepat sasaran dan tepat pada angka yang harus dibayar, saya kira begitu,” katanya berpesan.

Bupati Rohil, H.Suyatno juga menyampaikan, di hari jadi yang ke-18 ini ia berharap agar bersama-sama saling bahu-membahu dalam mengisi pembangunan.

“Kesemuanya itu butuh kerjasama yang baik. Biarpun kita sekarang jalannya tertatih-tatih dengan kondisi keuangan yang belum memadai tapi insya Allah saya yakin dan percaya Rohil nantinya akan semakin maju, itu harapan kita,” ucapnya.

Dia juga tidak akan tinggal diam dan terus melakukan koordinasi dengan Pemprov Riau agar sebagian dana yang ada di provinsi disalurkan ke Rohil.

“Dari koordinasi kita dengan Pak Gubernur untuk tahun 2017 saja mencapai Rp205 miliar anggaran yang sudah masuk ke Rohil. Ini suatu keberhasilan yang sangat berarti bagi kita untuk kelangsungan pembangunan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui insfrastruktur yang kita buka, seperti di Panipahan, Kubu dan juga didaerah lain,” katanya.

(adv/adv)
Tags DPRD RohilPemkab Rohil
Komentar