• Home
  • Ekbis
  • Hasil Sidak Disperindagsar Rohil Belum Temukan Ikan Kaleng Bercacing

Hasil Sidak Disperindagsar Rohil Belum Temukan Ikan Kaleng Bercacing

Eko S Rabu, 04 April 2018 22:03 WIB
ROKAN HILIR - Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar (Disperindagsar) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengaku telah melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) bersama tim kesehatan kesetiap Swalayan, Mini Market dan toko grosir.

Sidak dilakukan untuk memastikan apakah ada ikan makarel ataupun ikan kalengan yang mengandung cacing parasit beredar luas dipasaran.

"Kita bersama tim kesehatan sudah turun ke lapangan untuk mengambil beberapa sample kalengan ikan sarden khususnya produk luar negeri yang dijual di pasaran. Sejauh ini belum ada ditemukan sarden yang bercacing," kata Kadisperindagsar Rohil, Drs H Sukma Alfalah MSi, Rabu (4/4/18) di ruang kerjanya.

Dalam sidak itu sebutnya, tim dari Dinas kesehatan Rohil membuka beberapa kaleng ikan sarden produk luar negeri seperti merk Botan dan LSC. 
"Kita buka dan lihat ikannya bagus semua, tidak ada bercacing. Kendati begitu, kita juga telah meminta pemiliknya tidak menjual 27 merk ikan sarden produk luar negeri seperti  yang telah diintruksikan oleh Badan POM Propinsi Riau," ujar Sukma.

Mantan Kaban Bapedalda Rohil itu juga menyebutkan kalau untuk wilayah Kecamatan Bangko aman dari ikan sarden bercacing. 

"Alhamdulillah untuk Kecamatan Bangko aman, karena kita sudah memberikan pembinaan kepada pemilik usaha agar tidak menjual kalengan ikan sarden dari luar negeri. Kendati begitu, kita juga menghimbau masyarakat jeli dalam membeli suatu produk dengan melihat expired dan kadaluarsanya," pesan Sukma.

Dilanjutkan, selain memantau kalengan ikan sarden produk luar negeri, pihaknya dalam waktu dekat juga melakukan sidak terhadap produk kadaluarsa yang dijual di pasaran, termasuk barang-barang elektronik dan mainan anak-anak yang tidak memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI). 

"Jika suatu barang nantinya ditemukan tidak memiliki label SNI, maka akan kita sita," pungkasnya. 

(eka/hlc)
Tags Cacing ParasitIkan MakarelIkan SardenPemkab Rohil
Komentar