• Home
  • Ekbis
  • Kembangetan, Pelindo Dumai Tidak Punya Program CSR

Kembangetan, Pelindo Dumai Tidak Punya Program CSR

Selasa, 26 April 2016 10:30 WIB
DUMAI - Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Cabang Dumai tidak memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk disalurkan kepada masyarakat.

Parahnya, seluruh perusahaan yang menyewa dilahan Pelindo setiap bulan membayar iuran CSR sebesar Rp3 juta sampai Rp8 juta untuk satu perusahaan dan total perusahaan yang ada dilahan Pelindo sebanyak 13.

Sedangkan CSR yang disalurkan kepada masyarakat paling sering yaitu air bersih. Selain itu, juga diberikan tenda dan tangki air. Sementara tahun ini, akan ada program CSR kesehatan untuk masyarakat Dumai. 

Seperti dikutip dari laman goriaucom, air bersih diberikan 2 hari sekali kepada masyarakat sekitar areal Kawasan PT Pelindo I Cabang Dumai.

"Memang setiap bulan perusahaan-perusahaan yang ada disini memberikan iuran CSR. Kalau kami tak ada CSRnya," ungkap Humas PT Pelindo I Cabang Dumai, Hendri Bachtiar.

Dikatakannya, Pelindo memiliki lahan seluas 120 hektare, yang terdiri kawasan industri Crude Palm Oil (CPO), Dermaga dan terminal penumpang, lanjutnya. Sementara untuk dermaga sendiri, ada dermaga A, B, C dan D.

"Dermaga A untuk general cargo. Sedangkan dermaga B untuk cpo. Dermaga C sendiri untuk curah kering dan dermaga D digunakan untuk masyarakat," ulasnya.

Untuk dermaga D, dijelaskannya, dikelola oleh pengusaha, setelah adanya kerjasama antara pengusaha dengan PT Pelindo I Cabang Dumai. Dimana komoditi yang masuk dan keluar dari dermaga D, meliputi sembako dan barang elektronik.

"Dermaga D kapasitasnya untuk kapal kayu 5.000 ton. Panjang dermaga D, 100 meter. Untuk kontrak kerjasama dengan pengusaha, setahun sekali diperpanjang. Hal ini agar lebih tertata lebih baik," tutup Hendri menjelaskan.

(rdk/grc)
Tags CSRPelabuhanPelindo
Komentar