Gedung Genset PDAM Bengkalis Terbakar

Deri Adrian Rabu, 01 November 2017 19:13 WIB
BENGKALIS - Genset PDAM Bengkalis terbakar pada Rabu (01/11) sekira pukul 6.40 WIB. Akibat terbakarnya Genset yang terletak tepat disamping kanan Kantor Pusat PDAM Bengkalis itu, membuat aktivitas kantor terhambat, karena aliran listrik diputus lantaran mesin Genset langsung terhubung ke bangunan panel PLN.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran. Karena saat kejadian, tidak banyak yang melihat. Dari mana sumber api bermula. Namun, menurut keterangan salah seorang pegawai PDAM Bengkalis Rusdi menyebut, Ia menduga kebakaran akibat terjadinya konsleting.

"Tetapi saya heran, di dalam bangunan Genset drum BBM jenis solar hanya berisi 1 dan itupun isinya hanya setengah. Dan setau saya, jenis BBM solar agak susah terbakar kalau hanya sekedar percikan. Tapi tak taulah, biar saja polisi yang menyelidiki," katanya.

Salah seorang Security yang bertugas saat itu menjelaskan, pertama Ia melihat sumber api berasal dari dalam bangunan Genset yang terbakar. Saat Ia melihat api, Ia langsung menyiram api tersebut mengunakan pasir. Namun, api malah menjalar menuju tanki Genset. Seketika, api membesar.

Saat itu juga, mobil pemadam kebakaran dihubungi dan tak lama, 2 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan langsung ke Tempat Kejadian Perkara (TKP). Sekitar lebih kurang pukul 9.00 WIB, api dapat dipadamkan. Dan petugas dari kepolisian langsung memasang garis line.

Dari pantauan dilapangan terlihat, bagunan dan Genset yang telah berumur itu hangus terbakar. Semua panel aliran listrik didalam bangunan Gensetbjuga terbakar. Terlihat, ada beberapa drum dalam bangunan juga hangus.

Di belakang bangunan Genset yang terbakar, tepat dari kran air yang biasanya digunakan untuk bersih-bersih oleh petugas PDAM, juga ikut membakar sebuah slang milik pelaksana pekerjaan proyek Gudang PDAM yang mengambil air tersebut untuk mengecor.

Slang milik pelaksana proyek tersebut terbakar, hampir mencapai ke titik mesin molen yang jaraknya lebih kurang 20 meter dari bangunan Genset yang terbakar.

"Kita belum tau pasti penyebab kebakaran. Kita serahkan kepada pihak yang berwajib untuk melakukan penyelidikan. Kerugian sementara ditaksir mencapai ratusan juta rupiah," ujar Direktur PDAM Tirta Terubuk Bengkalis Jufrizal SE melalui Kepala Bagian Umum dan Personalia Abel Iqbal ST.

(der/der)
Tags KebakaranPDAM BengkalisPemkab Bengkalis
Komentar