• Home
  • Hukrim
  • Pemko Dumai Segel Bangunan Hotel Platinum Tanpa IMP

Pemko Dumai Segel Bangunan Hotel Platinum Tanpa IMP

Hadi Pramono Rabu, 01 November 2017 19:12 WIB
Kepala Satpol PP Kota Dumai Bambang Wardoyo melakukan penyegelan atau penghentian sementara terhadap proses pembangunan Hotel Platinum tanpa IMB.
DUMAI - Pemerintah Kota Dumai menurunkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat untuk menghentikan pembangunan Hotel Platinum di Jalan Patimura, Kecamatan Dumai Kota.

Penghentian itu dilakukan karena bangunan tersebut tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pitu (DPMPTSP) Kota Dumai.

Kepala Satpol PP Kota Dumai, Bambang Wardoyo kepada wartawan mengatakan, penyegelan itu terkait adanya laporan masyarakat perihal bangunan Hotel Platinum belum mengantongi IMB.

"Kemarin kami mendapatkan informasi dari masyarakat adanya kegiatan pembangunan tanpa izin. Kami bersama instansi terkait langsung turun kelapangan dan menyegel bangunan itu," katanya, Rabu (1/11/17).

Sebelum penyegelan dilakukan, pihaknya bersama instansi terkait meminta kepada pemilik untuk menunjukkan surat IMB, karena tidak bisa menunjukkan maka dengan tegas dilakukan penyegelan sementara.

"Kami dari pemerintah tidak menghambat pertumbuhan investasi di Kota Dumai. Tapi kami berharap kepada pelaku usaha perhotelan juga memperhatikan peraturan yang ada sebelum menjalankan usaha," jelasnya.

Usai melakukan penyegelan, Satpol PP Kota Dumai memberikan batas waktu kepada pemilik Hotel Platinum untuk melengkapi perizinan dari pemerintah daerah seperti IMB, TDP, SIUP, TDUP dan Amdal.

"Jika batas waktu yang kita berikan tidak dimanfaatkan oleh pemilik, maka secara otomatis akan dilakukan pembongkaran secara paksa. Sebab bangunan itu menjadi bangunan liar," tegas Bambang Wardoyo.

Sebelum menyudahi, pemilik Hotel Platinum hanya bisa menunjukkan surat keterangan saja, sementara izin lainnya tidak ada. Padahal, kata dia, proses pembangunan sudah berjalan sekitar 7 bulan lebih.

"Kadang kita prihatin kepada pelaku usaha yang nekat seperti ini. Belum lengkap izinnya sudah berani membangun. Padahal sudah jelas efeknya seperti apa jika membangun tanpa ada izin resmi pemerintah," pungkasnya.

(adi/adi)
Tags Bangunan LiarHotel PlatinumPemko DumaiSatpol PP
Komentar