• Home
  • Hukrim
  • Lempengan Tugu Adipura Digondol Maling, Dinas PUPR Pekanbaru Pesan Lagi

Lempengan Tugu Adipura Digondol Maling, Dinas PUPR Pekanbaru Pesan Lagi

Cakaplah Senin, 06 Juli 2020 07:33 WIB
Lempengan kuningan Tugu Adipura
PEKANBARU - Lempengan kuningan Tugu Adipura di seberang Komplek Mal Pelayanan Publik (MPP) eks Kantor Walikita Jalan Sudirman beberapa waktu dicuri orang tak dikenal. Pencurian lempengan itu bukan pertama kali terjadi.

Beberapa tahun lalu, seluruh lempengan kuningan yang menunjukkan tahun penghargaan Kota Terbersih itu juga dicuri. Kemudian Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mengganti dan memasang lagi kuningan itu.

Namun, tak lama berselang, satu lempengan kembali hilang dicuri. Dinas PUPR kembali memesan lempengan kuningan ke pengrajin di Boyolali, Jawa Tengah.

Kepala Bidang Pertamanan Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Edward Riansyah mengatakan, pemesanan dilakukan melalui kontraktor yang melakukan perbaikan pada tugu Adipura.

"Sudah kita pesan kembali melalui kontraktor yang kemarin. Harganya kita belum tahu, kita masih minta tolong kontraktor tersebut yang menanyakan harganya," kata Edward, Ahad (5/7/2020).

Lempengan kuningan tugu Adipura yang hilang berbentuk bulat besar, yang bertuliskan tahun di mana Kota Pekanbaru memperoleh penghargaan Adipura. Pada sisi itu terdapat empat lempengan, satu lempengan yang bertuliskan tahun 2004 hilang.

Lempengan kuningan itu diketahui hilang, Rabu (10/6/2020) lalu. Perbaikan pada tugu Adipura itu baru selesai dilakukan pada akhir Desember 2019 lalu.

"Terkait hilangnya lempengan mungkin pengawasan sudah kita lakukan. Cuma yang namanya kemalingan sudah direncanakan sepertinya. Karena kuningan itu sendiri kita jajaki dibukanya tidak gampang," terangnya.

Pihaknya menggunakan anggaran pemeliharaan untuk mengganti lempengan kuningan yang hilang. Namun, Ia belum dapat memastikan jumlah anggaran yang dipergunakan untuk mengganti lempengan itu.

Pria yang akrab disapa Edu itu menduga, pelaku membongkar lempengan itu membutuhkan waktu beberapa hari hingga berhasil melepaskan lempengan kuningan yang melekat pada tugu Adipura itu. Karena tidak memiliki cukup bukti, PUPR tidak melaporkan ke pihak kepolisian.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Kominfo terkait pemasangan CCTV. Kita minta pasang di titik supaya kita bisa memantaunya," kata dia.
Tags Pemko PekabanbaruPolresta PekanbaruTugu Adipura
Komentar