• Home
  • Kesehatan
  • Maksimalkan Ramadan 2018, Dapatkan Manfaat Puasa untuk Mengatasi Kegemukan

Maksimalkan Ramadan 2018, Dapatkan Manfaat Puasa untuk Mengatasi Kegemukan

Hadi Pramono Rabu, 23 Mei 2018 11:20 WIB
JAKARTA - Bila dilakukan dengan benar, puasa akan memberi banyak manfaat. Jadi bukan sekadar haus dan lapar, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapat dari berpuasa, salah satunya adalah mengatasi kegemukan badan (obesitas).

Niat puasa memang harus untuk ibadah. Manfaat kesehatan yang kita dapat dari berpuasa tak lain adalah berkah tersendiri. 

Dikutip dari The Miracle of Fast, puasa secara efektif membantu para pasien penderita kegemukan agar terbebas dari kelebihan berat badan secara bertahap dan tidak memiliki risiko yang memberatkan. Saat jumlah makanan yang dikonsumsi selama berpuasa makin sedikit, jumlah lemak yang mengendap di dalam tubuh juga makin sedikit.

Berpuasa juga bisa membantu mengurangi berat badan. Saat tubuh kita sedang berpuasa, hati juga akan bekerja mengonsumsi gula dan lemak yang tersimpan dalam tubuh untuk kemudian dialihkan menjadi energi yang menggerakkan organ-organ penting. 

Dengan begini, akan terjadi pengurangan besar-besaran pada kadar air yang tersimpan di dalam jaringan-jaringan tubuh. Efeknya pun bisa memudahkan proses pengurangan berat badan jadi lebih efektif.

Selama bisa mengimbangi puasa dengan pengaturan jadwal makan yang lebih seimbang dan tidak berlebihan saat makan sahur serta berbuka puasa, kita bisa menjaga berat badan tubuh tetap ideal dan terhindar dari kegemukan. 

Jadi, di Ramadan 2018 ini, kita harus berusaha sebaik mungkin untuk menjaga pola makan dan rutinitas harian jadi lebih sehat lagi ya.

Puasa memang bisa menyehatkan tubuh. Apalagi saat dilakukan sebulan penuh pada bulan Ramadan, tubuh akan mendapat banyak manfaat positif dari puasa yang kita lakukan.

Jadi, jalankan setiap ibadah dengan niat baik dan seimbangkan lagi pola hidup setiap harinya, maka manfaat besar bisa kita dapatkan semua.

Sumber: Vemale
Tags RamadhanTips Kesehatan
Komentar