• Home
  • Kesehatan
  • Pasien BPJS Kesehatan Antri Hingga Empat Jam Urus Surat Rujukan

Pasien BPJS Kesehatan Antri Hingga Empat Jam Urus Surat Rujukan

Hadi Pramono Rabu, 17 Januari 2018 14:01 WIB
DUMAI - Seorang pasien peserta BPJS Kesehatan mengeluhkan pelayanan di satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). 

Ia antri cukup lama untuk memperoleh layanan di Klinik Citra Medika, Jalan Budi Kemuliaan, Kota Dumai. Pasien tersebut bernama Dika Cahaya.

Pasien yang mengalami sakit mata tersebut harus antri hingga empat jam, Senin (15/1/18) malam kemarin. Ia harus menunggu lama agar bisa memperoleh rujukan dari dokter spesialis. 

Dika mengaku sempat berobat ke klinik yang sama pada 9 Januari 2018 lalu. Kondisi Dika tidak kunjung membaik. Ia kembali mendatangi klinik agar mendapat rujukan untuk berobat ke RSUD Dumai. 

Dika mengaku harus ke Poli Mata satu hari setelah mendapat surat rujukan. Karyawan Swasta ini harus antri sekitar lima jam di rumah sakit pemerintah, Selasa (16/1/18) kemarin. 

Ia menghabiskan waktu untuk mengisi data dan sejumlah kelengkapan dokumen. Dika sengaja membawa seluruh dokumen dan identitas diri saat berobat.

Dika kembali antri di ruang tunggu Poli Mata usai mengisi data. "Total lima jam menanti. Saya datang dari pagi, baru dapat penganan siang harinya di Poli Mata," terang Dika, seperti dikutip dari Tribun Pekanbaru.

Penanggung jawab Klinik Citra Medika, dr.Syaiful belum memberi keterangan resmi terkait pasien yang harus antri lama. 

Ia tidak menjawab pesan lewat jejaring Whats App hingga, Selasa sore. Informasi sementara, Syaiful sedang jalani ibadah umroh di Tanah Suci.

Jawaban BPJS Kesehatan

Pihak BPJS Kesehatan Dumai angkat bicara. Mereka menanggapi adanya peserta yang harus menanti hingga empat jam untuk dapat surat rujukan di Klinik Citra Medika. 

Klinik ini adalah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) pasien bernama Dika Cahaya agar mendapat surat rujukan.

Mereka menyarankan agar para peserta bisa melaporkan adanya pelayanan kurang memuaskan di fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan.

Pihak BPJS Kesehatan bakal berkordinasi perihal laporan ini dengan fasilitas kesehatan atau faskes tersebut.

"Kami juga sudah sampaikan bila memang tak sesuai prosedur atau adanya keluhan bisa langsung laporkan faskes tersebut," ujar Kepala Cabang BPJS Kesehatan melalui Komunikasi Publik, Ilham Ramadhana kepada Tribun, Selasa (16/1/18) sore.

Menurutnya, peningkatan layanan di faskes mitra BPJS Kesehatan terus jadi perhatian. Hal ini untuk menggejot kualitas layanan kepada pasien di faskes yang ada. Pada peserta bisa menyampaika keluhan langsung ke BPJS Kesehata atau ke Care Center 1500 400.

"Laporan yang disampaikan masyarakat jadi satu upaya ikut mengawasi pelayanan di faskes mitra BPJS Kesehatan," terang Ilham.

Ilham mengatakan bahwa pelayanan di Faskes Tingkat Pertama pasien akan dapat pelayana dari dokter umum. Peserta akan mendapat layanan dari dokter spesialis pada perawatam tingkat lanjutan. 

(zik/zik)
Tags BPJS Kesehatan
Komentar