• Home
  • Kesehatan
  • Pemberlakuan PPKM Level 4, Ini Syarat Masuk Kota Pekanbaru

Pemberlakuan PPKM Level 4, Ini Syarat Masuk Kota Pekanbaru

Hadi Pramono Senin, 26 Juli 2021 17:11 WIB
PEKANBARU - Kota Pekanbaru masuk daftar sebagai salah satu Kota harus melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Senin, 26 Juli 2021.

Ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi pengendara untuk masuk dan keluar Kota Pekanbaru.

Menurut Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, warga yang berada di kabupaten atau kota di Provinsi Riau wajib melihatkan kartu vaksin pertama serta surat bebas Covid-19 bila masuk Pekanbaru.

"Bagi warga kabupaten atau kota di Provinsi Riau yang ingin masuk atau keluar Pekanbaru, wajib melampirkan kartu vaksin pertama dan surat bebas Covid-19 selama PPKM Level 4," ujarnya.

Untuk warga dari provinsi lain, Jambi, Sumbar dan sebagainya, jika ingin masuk dan keluar Kota Pekanbaru wajib melampirkan surat Kesehatan lengkap.

"Warga dari provinsi lain yang ingin masuk dan keluar Kota Pekanbaru wajib melampirkan surat vaksin pertama dan kedua serta bebas Covid-19," tambah Nandang.

Jika pengendara tidak dapat memperlihatkan kartu vaksin kepada petugas, maka kendaraan tersebut akan putar balik.

"Kendaraan yang tidak bisa memperlihatkan syarat yang di atas tadi, mohon maaf, silahkan putar balik," tegas Nandang.

Nandang mengatakan akan menyiapkan Tenaga medis pada posko PPKM untuk menyediakan layanan Swab ditempat jika tidak memiliki surat bebas Covid-19. Jika hasil Swab reaktif, maka akan dilakukan Isolasi bagi warga tersebut.

Tidak Bisa Tunjukan Sertivikat Vaksin, Ratusan Pengendara Putar Balik


Ratusan pengendara terpaksa balik arah karena tidak bisa menunjukkan kartu vaksin Covid-19 saat melintas di Pos Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, di Jalan HR Soebrantas.

Petugas di Pos PPKM memeriksa satu persatu pengendara yang melintas di Jalan HR Soebrantas, Pekanbaru. Pengendaran yang tidak dapat menunjukkan kartu vaksin harus memutar balik kendaraannya.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Nandang Mu'min Wijaya mengatakan, masyarakat yang memasuki Kota Pekanbaru dan tidak dapat menunjukkan kartu vaksin maka harus putar balik.

"Ketika ada masyarakat yang masuk ke Kota Pekanbaru tidak bisa menunjukkan bukti vaksin maka kita berikan pengarahan dan tindakan tegas untuk putar balik," ujarnya, Senin, 26 Juli 2021.

Kombes Nandang menambahkan, jika pengendara dapat menunjukkan kartu vaksin, namun tidak bisa melampirkan bukti bebas Covid-19, telah disiapkan tenaga medis untuk melaksanakan swab antigen terhadap pengendara.

"Jika tidak ada bukti bebas Covid-19, kita sudah siapkan tenaga kesehatan untuk melakukan swab antigen," ujarnya.

Ia menjelaskan, bagi pengendara yang reaktif Covid-19 maka akan dibawa menuju Rumah Sakit Daerah Madani.

"Ketika nanti kita ada menemukan warga yang reaktif, maka akan kita bawa menuju Rumah Sakit Madani untuk dilakukan swab PCR," tutur Nandang.
Sumber : Riauonline.co.id
Tags Kota PekanbaruPPKMPandemi Covid-19Pandemi Covid 19Pemko PekanbaruPolrestabes PekanbaruVirus Covid-19Virus Covid 19
Komentar