• Home
  • Lingkungan
  • Bengkalis Optimis kembangkan Restorasi dan Rehabilitasi Mangrove

Bengkalis Optimis kembangkan Restorasi dan Rehabilitasi Mangrove

Roni Pratama Kamis, 30 September 2021 22:44 WIB
RIAUHEADLINE.COM - Pemerintah Kabupaten Bengkalis optimis kembangkan restorasi dan rehabilitasi mangrove demi memperkuat peran strategis dalam membantu daerah guna mencapai target pembangunan desa.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah H. Bustami HY Selaku Ketua Tim Koordinasi Pembangunan Kawasan Perdesaan Kabupaten Bengkalis, saat melaksanakan Group Discussion terkait Pembangunan Kawasan Perdesaan di Kabupaten Bengkalis, Kamis (30/9/2021), bertempat di Ballroom Hotel The Zuri Pekanbaru.

Acara yang diinisiasi oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Republik Indonesia tersebut dihadiri oleh Myrna A. Safitri Deputi Edukasi dan Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRGM RI, Stevanus Reno Budi Santoso Koordinator Perencanaan dan Tekhnis Pembangunan Sarana dan Prasarana Kementerian Desa dan PDTT RI selaku narasumber.

Kemudian, Amanah Asri Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri selaku narasumber, Kelompok Kerja dan Sub Kelompok Kerja Lingkup BRGM RI.

Tim Kedaireka dari Institut Pertanian Bogor dan Universitas Riau, dan seluruh Tim Koordinasi Pembangunan Kawasan Pedesaan Kabupaten Bengkalis.

Dalam sambutan, H. Bustami HY menyampaikan tiga poin penting demi Pembangunan Kawasan Pedesaan di Kabupaten Bengkalis. Pertama, pelaksanaan diskusi harus dijadikan kesempatan besar dalam menyelaraskan gagasan dan mensinergikan antara agenda kerja pemerintah daerah dengan agenda BRGM.

Kedua, peserta FGD harus menuntaskan rencana yang disusun agar dapat diimplementasikan sesegera mungkin. Pembangunan Kawasan Pedesaan di Kabupaten Bengkalis tidak hanya menjadi kewajiban pemerintah pusat, namun juga tanggung jawab perangkat daerah dan pemerintah desa.

Ketiga, masing-masing perangkat daerah dan pemerintah desa memiliki perbedaan tingkat responsifitas terhadap isu-isu pembangunan di perdesaan, yang bisa saja menjadi kendala tersendiri bagi BRGM dalam mematang dokumen RKPKP Kabupaten Bengkalis ini.

"Kepada BRGM, agar tidak bosan-bosannya memberikan kami pemahaman akan pentingnya kerja besar ini," harap Bustami.

Bustami juga mengucapkan terimakasih kepada BRGM RI, khususnya Deputi Edukasi dan Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan atas pelaksanaan diskusi terfokus ini.
Editor    : Roni Pratama
Tags BengkalisBerita BengkalisBupati BengkalisMangrovePemkab BengkalisRehabilitasi MangroveTanam Mangrove
Komentar