• Home
  • Lingkungan
  • Gubernur Riau Tanggapi Perda RTRW Tak Kunjung Ketuk Palu

Gubernur Riau Tanggapi Perda RTRW Tak Kunjung Ketuk Palu

Hadi Pramono Jumat, 22 September 2017 18:51 WIB
PEKANBARU - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengharapkan agar Peraturan daerah Rencana Tata Ruang dan Wilayah provinsi setempat segera "ketuk palu", mengingat sebelumnya dua kali rapat paripurna pengesahan perda tersebut batal digelar. 
        
"Tentu kita berharap, semua pihak termasuk masyarakat meminta agar DPRD Riau segera memparipurnakan perda RTRW ini jika betul-betul sudah sesuai dengan aturan," ujarnya di Pekanbaru, Jumat. 
       
Mengenai tidak terlaksananya Paripurna Perda RTRW Riau yang dijadwalkan pada Rabu (20/9) kemarin. Gubernur Riau yang akrab disapa Andi Rachman akan mempertanyakan kepada pihak DPRD Riau.        

"Saya belum berjumpa dengan pimpinan (DPRD) apa permasalahannya (RTRW belum disahkan). Nanti akan dibicarakan," ujar Andi. 
        
Sementara, sejumlah pihak yakni Jaringan Kerja Penyelemat Hutan Riau (Jikalahari) dan Mahasiswa masih mempertanyakan terkait transparansi draf RTRW tersebut. Mereka menduga masih ada kepentingan perusahaan yang diakomodir.        

Menanggapi kepentingan yang dimaksud, Gubernur Riau menegaskan telah memperingatkan jajarannya di tim Pemprov Riau agar bekerja sesuai aturan dan prosedur.        

"Saya sampaikan berkali-kali kepada Tim provinsi untuk tidak macam-macam ikuti saja ketentuannya," ujar Gubernur. 
      
Disinggung mengenai ketidakhadiran dewan dalam rapat Paripurna Pengesahanperda RTRW yang menyebabkan paripurna batal digelar, Andi menekankan tidak menjadi ranahnya untuk menanggapi. 
       
"Itu bukan domain kita (tidak kuorum dewan). Kami di Pemprov selalu ada dan siap untuk mengikuti berjalannya paripurna," klaim Andi. 
       
Seperti diketahui, Paripurna Pengesahan Perda RTRW Riau dua kali batal digelar dikarenakan tidak kuorumnya kehadiran Anggota Dewan.
       
Paripurna yang dijadwalkan pada Rabu (20/9) kemarin juga diwarnai aksi protes dari belasan Mahasiswa Universitas Riau. Kericuhan sempat terjadi ketika mahasiswa berusaha membentang spanduk yang bertuliskan "Jangan ada dusta dalam Perda RTRW Riau".
     
Sementara, Pihak DPRD Riau kembali mengagendakan Paripurna RTRW Riau pada Senin (25/9) mendatang.

(ant/ant)

Tags Gubernur RiauRTRW Riau
Komentar