• Home
  • Maritim
  • Lanal Dumai Tangkap Dua Pelaku Penyelundupan 100 Ekor Trenggiling

Lanal Dumai Tangkap Dua Pelaku Penyelundupan 100 Ekor Trenggiling

Hadi Pramono Selasa, 24 Oktober 2017 19:35 WIB
DUMAI - Jajaran Lanal Dumai berhasil menggagalkan penyelundupan hewan trenggiling di perairan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis. Rencananya satwa liar itu hendak diperjualbelikan di negara Malaysia.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Dumai Kolonel Laut (E) Yose Aldino, kepada awak media menerangkan bahwa penangkapan itu pada Selasa (24/10/17) dini hari setelah menerima informasi akan ada kegiatan ilegal.

"Mendapat informasi itu Tim WFQR 1.6 Lanal Dumai dibantu dengan tim WFQR Armabar berhasil menggagalkan kegiatan perdagangan ilegal satwa liar dilindungi di perairan Bukit Batu, Bengkalis," jelasnya.

Dari penangkapan itu, lanjutnya, anggotanya berhasil mengamankan dua awak kapal berinisial AW (25) dan BE (22) warga Selat Liung, Kabupaten Bengkalis bersama barang bukti 100 ekor trenggiling.

"Jumlah berat keseluruhan 500 kilogram dengan nilai jual diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Binatang dilindungi ini diangkut pelaku menggunakan satu buah perahu jaring nelayan dengan bobot mesin Dompeng 16," katanya.

Dari hasil interogasi sementara kepada dua orang pelaku, jelasnya, mereka mengaku hanya sebagai pekerja dan mendapat upah Rp800.000 per orang jika berhasil menyeludupkan hewan dilindungi negera tersebut.

"Mereka mengaku hanya sebagai pekerja saja. Kita juga akan kejar siapa dalang dibalik penyelundupan satwa liar yang dilindungi ini," tegas Danlanal Dumai Yose Aldino, saat menggelar konfrensi pers.

Atas perbuatan kedua pelaku, kata dia, akan dikenakan Undang-undang nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem pasal 21 ayat 2 junto pasal 40 ayat 2 yaitu mengeluarkan secara ilegal satwa liar dilindungi.

"Keduanya ini dapat dipidana dengan penjara 5 Tahun dan denda paling banyak Rp100.000.000. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang sudah memberikan informasi ilegal ini," pungkasnya.

(adi/adi)
Tags Lanal DumaiPenyelundupanSatwa LiarTrenggiling
Komentar