• Home
  • Maritim
  • Permudah Layanan, KSOP Dumai Segera Terapkan Sistem Berbasis Online

Permudah Layanan, KSOP Dumai Segera Terapkan Sistem Berbasis Online

Hadi Pramono Senin, 12 November 2018 11:13 WIB
DUMAI - Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai segera menerapkan sistem pelayanan berbasis online, bekerjasama dengan Pelindo I untuk pendaftaran persetujuan bongkar muat barang dan berlayar.

Kepala KSOP Kelas I Dumai Sanggam Marihot di Dumai, Selasa,  mengatakan, terobosan baru dalam sistem pelayanan ini bentuk penyesuaian terhadap kemajuan teknologi, dan percepatan pelayanan bagi pengguna jasa kepelabuhanan.

"Penerapan sistem pelayanan berbasis online ini masih persiapan, dan kita didukung peralatan dari pelindo, ksop menyiapkan operator," kata Sanggam.

Dijelaskan, persiapan sudah dimulai sejak awal tahun ini, dan kini masih terus dimatangkan bersama Pelindo agar dapat segera diluncurkan dan diterapkan dalam pelayanan publik.

KSOP Dumai, lanjutnya, sudah mempersiapkan sumber daya manusia sebagai operator melalui pelatihan, dan sejumlah fasilitas dalam juga sudah dibenahi untuk kenyamanan pengguna jasa kepelabuhanan.

"Operator sudah kita siapkan, dan pelayanan publik berbasis online ini dalam waktu dekat akan diluncurkan, sekarang masih persiapan teknis," sebutnya.

Pelayanan online ini, bisa digunakan pengguna jasa untuk memudahkan pendaftaran asal kebutuhan dokumen lengkap, dan setelah dicek oleh petugas, baru bisa mendapatkan persetujuan.

Jelang dimulai pelayanan online ini, Syahbandar membenahi sejumlah fasilitas, misalnya, penyediaan ruang informasi publik, ruang tunggu, ruang konsultasi, kotak pengaduan, email pengaduan dan fakta integritas.

Sementara, Kasi Keselamatan Berlayar KSOP Dumai Yuzirwan mengaku kedepan sistem pelayanan akan terus ditingkatkan, terutama terkait pengawasan untuk keselamatan berlayar antisipasi kecelakaan di perairan.

Setiap pengajuan persetujuan berlayar, lanjutnya, petugas akan memastikan kelengkapan dokumen kelayakan dan tidak ada kesalahan, setelah itu baru dikeluarkan rekomendasi.

"Untuk persetujuan berlayar, kita tidak mau main main, dan kapal harus dipastikan sudah lengkap dokumen dan layak," kata Yuzirwan.

Terkait pelayanan publik, KSOP Dumai pada 2018 ini menerima penghargaan predikat Prima Pratama unit pelayanan publik sektor administrasi dan perizinan dari Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi.

Penilaian pelayanan publik oleh Kemenhub RI ini, melibatkan semua unit pelayanan publik kantor syahbandar kelas utama, satu dua tiga dan dinas navigasi, dan KSOP Dumai bertekad terus memantapkan pelayanan pada semua pengguna jasa.

(ANTARA)
Tags KSOP DumaiLayanan OnlinePelayaran
Komentar