• Home
  • Meranti
  • BPP Kepulauan Meranti Kejar Program RJPMN 2020-2024

BPP Kepulauan Meranti Kejar Program RJPMN 2020-2024

Syawal Senin, 30 April 2018 16:53 WIB
MERANTI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menargetkan usulan maksimal pada program Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan  (Gerbangdutas) Pemerintah Pusat, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024.

Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Pengelola Perbatasan Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, Efialdi, SE, didampingi Kasubbag Batas Negara, Ahmad Syukri, saat dikonfirmasi wartawan di Selatpanjang, Senin 30 April 2018.

Efialdi menjelaskan, usulan program Pembangunan Terpadu Perbatasan untuk masuk Rencana Induk BNPP RI dalam RPJMN Tahun 2020-2024 itu, akan dirangkum bersama para Camat dan Kepala Desa Se-Kabupaten Kepulauan Meranti.

Melalui rakor tersebut, diharapkan dapat dirangkum berbagai usulan program pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti, dimana daerah ini memiliki banyak potensi isu strategis prioritas nasional tentang Pembangunan Kawasan Perbatasan.

"Isu strategis prioritas nasional semuanya ada di lokasi prioritas kawasan perbatasan Kabupaten Kepulauan Meranti, seperti Kawasan Perbatasan Negara, Pulau-pulau kecil terluar, Terisolir, Tertinggal, Termiskin, Ada Komunitas Adat Terpencil, Penyangga Kawasan Strategis Nasional, Kawasan Maritim, wilayah Pemekaran Baru, Kawasan pertumbuhan Singapura, Johor, Riau (Sijori), IPM rendah dan Kesenjangan Ekonomi Tinggi," ungkapnya.

Dari data yang ada, beber Efialdi, jumlah keluarga miskin di Kabupaten Kepulauan Meranti masih tertinggi di Provinsi Riau, dimana prosentasenya 30,89 Persen se-Riau dan 8 Persen Nasional. Sedangkan Komunitas Adat Terpencil di daerah ini ada sekitar 20 ribu jiwa.

"Untuk itu kita berharap dapat perhatian lebih dari Pemerintah Pusat dan Provinsi melalui usulan rencana program pembangunan kedepan, yang disinergikan dengan Visi Misi pembangunan Kepala Daerah, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Efialdi menambahkan, kegiatan Rakor Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan Lokasi Prioritas bersama para Camat dan Kepala Desa itu, akan dilaksanakan selama satu hari penuh tanggal 2 Mei 2018 di Hotel AKA Meranti Selatpanjang, dengan menghadirkan narasumber dari BNPP RI dan BPP Provinsi Riau. 

(fan/mcr)
Tags Pemkab Meranti
Komentar