• Home
  • Meranti
  • HSP Ke-89, Wabup Meranti Ajak Pemuda Kobarkan Api Sumpah Pemuda

HSP Ke-89, Wabup Meranti Ajak Pemuda Kobarkan Api Sumpah Pemuda

Syawal Senin, 30 Oktober 2017 19:55 WIB
MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim bertindak sebagai pembina upacara Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-89 Tahun 2017.

Dihadapan seluruh peserta upacara ia meminta seluruh pemuda untuk terus mengobarkan api sumpah pemuda dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan demi mewujudkan kemajuan dan kemakmuran daerah, bangsa dan negara, bertempat dihalaman kantor Bupati, Senin pagi (30/10).

"Api sumpah pemuda ini harus terus dinyalakan, lawan semua upaya yang ingin memecah belah bangsa, buang ego kesukuan yang kadang kala menggerus persaudaraan sebagai anak bangsa karena persatuan Indonesia adalah segala galanya," ujar Wakil Bupati menirukan ucapan Menpora RI Imam Nahrawi.

Menjaga persatuan dan kesatuan di era modern dimana komunikasi dan interaksi seolah tak ada halangan dan batasan sangat berpotensi memunculkan gesekan untuk itu Wakil Bupati H. Said Hasyim juga mengingatkan untuk menghindari semua perdebatan yang tak perlu yang hanya akan menimbulkan perpecahan.

"Stop semua perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa," ucapnya.

Dahulu 89 tahun yang lalu tepatnya tanggal 28 Oktober 1928 seluruh perwakilan pemuda Se-Indonesia yang terpisah jarak ribuan kilometer dengan alat komunikasi seadanya Jong Sumatera, Jong Maluku, Jong Ambon, Jong Java, Jong Sulawesi dan perwakilan seluruh pemuda Se-Indoneisa mampu berkumpul dan mengikrarkan satu nusa satu bangsa satu bahasa, bahasa Indonesia. 

Semua itu menurut Wakil Bupati H. Said Hasyim untuk satu tujuan yakni persatuan dan kesatuan bangsa. Tapi sayangnya di era saat ini justru terbalik dimana semua sarana dan prasarana transportasi umum tersedia, alat komunikasi modern yang mampu menembus ruang dan waktu yang membuat interaksi sosial dapat dilakukan kapanpun. 

Justru karena kemudahan itu pemuda dan masyarakat Indonesia sering berselisih paham, terpecah belah, muncul fitnah dan kebencian. Bahkan pemuda saat ini seolah berada diruang isolasi yang terhalang tembok nan tinggi.

Menyikapi hal itu Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim menekankan sudah seharusnya semangat dan keberanian pemuda melalui sumpah pemuda menjadi teladan bagi pemuda dan masyarakat saat ini. 

Seperti pidato bapak Proklamasi Bung Karno yang mengatakan, jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tetapi warisilah api sumpah pemuda. Artinya jika pemuda hanya mewarisi abu maka pemuda saat ini sudah puas dengan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasan yang diwarisi pemuda terdahulu. 

Tapi hendaknya mewarisi api yang terus berkobar karena sudah saatnya melangkah ke tujuan yang lebih besar yakni mencibtakan kesejahteraan dan kemakmuran bagi daerah dan seluruh rakyat Indonesia.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim juga berksempatan menyerahkan SK PNS Formasi Honorer K II Kabupaten Kepulauan Meranti kepada 4 orang perwakilan seraya berpesan kepada penerima SK untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai PNS dengan sebaik-baiknya dalam rangka melayani maayarakat dan membangun daerah.

(wal/hms)
Tags Hari Sumpah PemudaPemkab MerantiWabup Meranti
Komentar