• Home
  • Meranti
  • Wabup Meranti Lepas 81 JCH dan Doakan Jadi Haji Mabrur

Wabup Meranti Lepas 81 JCH dan Doakan Jadi Haji Mabrur

Sawal Sabtu, 04 Agustus 2018 21:25 WIB
MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Said Hasyim, melepas keberangkatan 81 orang jemaah haji Meranti, pelepasan jemaah haji Meranti menuju Embarkasi Batam yang selanjutnya diberangkatkan ke Makah, dipusatkan di Masjid Agung Darul Ulum, Selatpanjang, Sabtu pagi (4/8/2018).

Hadir dalam acara itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Said Hasyim, Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan, Sekretaris Daerah H. Yulian Norwis SE MM beserta Jajaran Eselon II, Wakil Ketua DPRD Meranti H. Taufikurahman, Ketua Komisi A DPRD Meranti Edi Masyudi, Anggota DPRD Meranti Asnawi, Kepala Kantor Kemenag Meranti Darwison MAg, Ketua MUI, Meranti H. Mustafa, Ketua LAM Meranti H. Ridwan Hasan, Tokoh Masyarakat/Adat, serta Ratusan Keluarga Jemaah Haji Meranti.

Proses keberangkatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Qori terbaik Meranti pada ajang MTQ Tingkat Kabupaten 2018, Zulfan. Yang dilanjutkan dengan pengalungan tanda peserta dan tepuk tepung tawar oleh Wakil Bupati H. Said Hasyim yang diikuti oleh Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan, Ketua LAM H. Ridwan Hasan dan unsur Forkopimda.

Dalam suasana bahagia, bercampur haru yang dirasa oleh Jemaah Calon Haji Meranti beserta keluarga, Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim, mengatakan, hari ini merupakan hari paling bahagia bagi para jemaah calon haji Meranti karena telah diberikan kesempatan oleh Allah untuk melaksanakan rukun islam yang kelima.

"Berangkat haji tidak semudah tahun tahun sebelumnya untuk itu bagi yang berkesempatan berbahagialah, semoga diberikan kekuatan untuk melaksanakan ibadah dan kembali dengan menyandang gelar haji yang mabrur," ujar Wakil Bupati dengan senyumannya yang khas.

Tak banyak yang disampaikan oleh Wakil Bupati Meranti, yang terpenting menurutnya adalah para jemaah calon haji senantiasa menjaga kesehatan karena dalam menjalankan syarat wajib dan rukun haji tak cukup hanya dengan niat dan semangat tapi dibutuhkan fisik yang kuat.

"Mari kita pertahankan bagaimana badan tetap sehat dan yang terenting adalah keiklasan melaksanakan ibadah, apapun yang dihadapi ditanah suci jangan sampai mengeluh, jaga persatuan dan kesatuan antara sesama jemaah, jaga diri jaga muhrim dan jaga kelompok kita karena jutaan orang berkumpul disana," jelas Wabup lagi.

Pada kesempatan itu Wabup juga menginformasikan kepada seluruh jemaah calon haji Meranti, untuk saling jaga dan mengawasi jika menemukan suatu hambatan dminta segera perhatikan sekeliling untuk mencari petugas haji indonesia yang tersebar dibanyak titik.

Selain itu ia meminta seluruh jemaah calon haji Meranti yang tergabung dalam Kloter 17 bersama Kabupaten Pelalawan dapat terus menjaga persatuan dan kesatuan dengan calon jemaah haji lainnya, salin bantu membantu dalam kesusahan dan kesempitan.

"Para perugas haji Indonesia memiliki baju khusus yang tersebar di masjid Dil Harom dan Nawawi jika menemukan kendala jangan segan segan meminta bantu," pungkasnya.

Terakhir kepada jemaah calon haji yang hoby jalan dan berbelanja, Wakil Bupati mengingatkan perbanyak ibadah dan kurangi berjalan jalan karena tanah suci adalah tempat kita beribadah yang paling mabrur.

"Jangan belanja dan jalan jalan terlalu banyak, momen ini adalah kesempatan kita untuk beribadah karena pahalanya berlipat ganda,"paparnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementrian Agama Kepulauan Meranti, Darwison MAg, mengungkapkan, haji merupakan rukun islam yang kelima, artinya sebagai pelengkap kesempurnaan ibadah bagi umat muslim. Untuk itu Ketua Kemenag Meranti menyarakan kepada umat muslim yang berkemampuan untuk melaksanakan rukun islam kelima itu. 

"Jika diberikan kemampuan oleh Allah berupa rezki, segeralah laksanakan ibadah haji jangan sampai menunda nunda lagi," ucapnya. 

Kepada seluruh jemaah calon haji Meranti yang akan berangkat ketanah suci, demi kelancaran ibadah, Ketua Kemenag Darwison, menyampaikan pesan yang paling utama yakni ikhlas kepada Allah dan laksanakan seluruh syarat wajib dan rukun haji sebaik baiknya.

"Kepada jemaah mari kita meluruskan niat hanya berharap ridho dan ampunan Allah, sempurnakanlah syarat, wajib dan rukun haji di tanah suci dengan baik semoga mendapatkan pahala yang berlimpah," ucapnya.

Tak lupa ia juga mengingatkan, jadikan ibadah yang dilaksanakan di tanah suci sebagai kebiasaan yang harus tetap dilestarikan saat kembali ke kampung halaman dengan predikat haji yang mambrur.

"Ini cukup sulit untuk dilakukan, harapan kita bagaimana melaksanakan ibadah ditanah suci baik sholat berjamaah, baca Al-Quran dan lainnya, sekembali ketanah air jangan sampai ditinggalkan, terus laksanakan," harapnya.

Terakahir  Kepala Kemenag Meranti, Darwison M.Ag, mendoakan seluruh Jemaah Haji Meranti yang akan berangkat ketanah suci diberikan kesehatan, kekuatan serta panjang umur untuk menuntaskan ibadahnya kepada Allah SWT, sehingga kembali ketanah air menjadi Haji yang Mabrur.

Sekedar informasi, jemaah calon haji Meranti tahun ini akan diberangkatkan dari Pelabuhan Selatpanjang menuju Pelabuhan Sekupang Batam menggunakan kapal Fery. Sesampainya di Batam langsung diistirahatkan di Asrama Haji selama satu malam. 

Direncanakan besok Minggu dini hari sekira pukul 2.30 Wib, rombongan jemaah calon haji Meranti akan dilepas oleh Bupati Meranti Drs. Irwan M.Si, menuju embarkasi Haji di Bandara Hang Nadim Batam. 

Dan jika tak ada halangan Minggu pagi sekira Pukul 10.00 Wib, akan diberangkatkan menuju Makkah dan diperkirakan sampai menjelang magrib atau sekitar pukul 17.30 Wib. 

(fan/hms)
Tags Calon HajiJemaah HajiPemkab MerantiWabup Meranti
Komentar