• Home
  • Olahraga
  • Valentino Rossi Harap Lintasan Kering Saat Lomba di Jerman

Valentino Rossi Harap Lintasan Kering Saat Lomba di Jerman

Minggu, 02 Juli 2017 14:19 WIB
Valentino Rossi mengalami kesulitan di sesi latihan bebas dan kualifikasi GP Jerman. (AFP PHOTO / TIZIANA FABI)
JERMAN - Valentino Rossi mengalami masa sulit di sesi latihan bebas dan babak kualifikasi. Ia pun berharap lintasan sirkuit Sachsenring kering saat lomba berlangsung.

Rossi tak bisa bersaing kompetitif dalam hal catatan waktu selama sesi latihan bebas dan kualifikasi. Ia pun harus puas start dari posisi kesembilan pada balapan nanti.

Namun di tengah situasi sulit itu, Rossi merasa performanya akan lebih baik bila lomba berlangsung dalam kondisi lintasan kering.

"Kami mengalami banyak peningkatan di hari terakhir sebelum lomba. Saat lintasan kering, saya memang tak fantastis, namun kecepatan saya tak terlalu jauh bila dibandingkan para pebalapan terdepan di GP Jerman ini."

"Tentu saja saat ini saya berharap kami berlomba pada lintasan kering karena dengan begitu saya bisa merapat ke pebalap lain. Namun yang pasti kami harus melakukan sejumlah perubahan agar siap menghadapi kondisi cuaca apapun yang ada di balapan nanti," kata Rossi seperti dikutip dari Crash.

Pada tahun lalu, Rossi sempat tampil kompetitif di awal balapan. Namun kemudian ia melorot ke posisi tengah lantaran salah memilih waktu untuk mengganti motor dalam kondisi balapan flag to flag.

"Apa yang terjadi tahun lalu, mungkin bisa saja kembali terjadi nanti karena mungkin cuaca bisa saja serupa dengan hari Sabtu, yaitu hujan, kemudian cerah dan lintasan kering dengan cepat. Bahkan lintasan kering lebih cepat dibandingkan tahun lalu."

"Jadi yang harus kami lakukan adalah bersiap untuk bisa tampil kuat di lintasan basah dan kering serta memiliki reaksi yang tepat pada momen pergantian motor," ujar Rossi.

Rossi saat ini ada di posisi ketiga klasemen dengan nilai 108 poin. Ia masih tertinggal tujuh angka dari pemimpin klasemen Andrea Dovizioso.

Rossi Bingung Yamaha Tak Kompetitif di Jerman

Valentino Rossi mengaku tak bisa menjelaskan secara pasti mengapa motor Yamaha YZR M1 miliknya tak bisa tampil kompetitif di Sirkuit Sachsenring, Jerman.

Rossi yang baru saja jadi juara di GP Belanda pekan lalu menghadapi kesulitan saat menjalani sesi latihan bebas dan kualifikasi di GP Jerman pekan ini. Ia tak bisa mencatat waktu kompetitif dan akhirnya harus puas memulai balapan hari ini di posisi kesembilan.

"Kami tak tahu apa yang terjadi dan mengapa berbeda. Johann Zarco, dengan motor 2016, adalah pemegang pole position di lintasan basah Assen pekan lalu. Namun kini dengan kondisi lintasan yang sama, ia hanya mampu duduk di peringkat ke-19."

"Saya pun tampil sangat kuat di Assen namun kini justru mengalami kesulitan di sini. Hal ini sungguh sulit dimengerti. Di babak kualifikasi, kami mengalami masa yang sulit dan mencoba berbagai macam pengaturan namun kami tak pernah benar-benar kompetitif," tutur Rossi seperti dikutip dari Crash.

Rossi pun membandingkan performanya di sesi latihan bebas dan kualifikasi tahun ini dengan penampilannya tahun lalu. Rossi merasa benar-benar menjalani atmosfer yang berbeda.

"Saya pun membandingkan situasi yang ada saat ini dengan tahun lalu namun kepercayaan diri yang ada di atas motor benar-benar berbeda."

"Tahun lalu saya termasuk sebagai salah satu pebalap tercepat di lintasan basah pada sirkuit ini. Jadi, saya benar-benar tak tahu apa yang terjadi saat ini," kata The Doctor.

Rossi sendiri saat ini ada di posisi ketiga klasemen sementara MotoGP dengan koleksi 108 poin. Ia tertinggal tujuh poin dari pemuncak klasemen Andrea Dovizioso dan berselisih tiga angka dengan Maverick Vinales yang ada di peringkat kedua.

(cnn/cnn)
Tags MotoGP
Komentar