42 Wartawan Siap Ikut UKW Gelaran PWI Dumai

Selasa, 28 Maret 2017 17:46 WIB
DUMAI - Sebanyak 42 wartawan dari berbagai media massa seperti cetak, elektronik dan online siap mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Dumai.

Agenda menjaring wartawan kompeten sesuai perintah Dewan Pers itu dilaksanakan tanggal 30 sampai 31 Maret 2017 di Hotel Grand Zuri Dumai, dengan menghadirkan penguji dari Jakarta, Medan, Lampung, Pekanbaru.

Pembuka kegiatan ini nantinya dilakukan Walikota Dumai, Zulkifli AS, Kamis (30/3/17). Sedangkan persiapan dari panitia sendiri sampai sejauh ini sudah maksimal 100 persen tanpa ada kendala apapun.
 
"Kalau tidak ada halangan yang membuka kegiatan ini pak Walikota Dumai. Undangan sudah kita sampaikan melalui bagian Protokoler Sekretariat Pemko Dumai," kata Ketua PWI Perwakilan Kota Dumai, Kambali, Selasa (28/3/17).

Dijelaskannya, mengenai peserta UKW tingkat Muda nantinya diikuti sebanyak 28 wartawan. Lalu untuk jenjang UKW Madya akan diikuti sebanyak 7 wartawan dan jejanjang UKW kelas Utama akan diikuti sebanyak 7 wartawan.

"UKW tingkat Muda di isi kalangan reporter, kelas Madya di isi oleh Asisten Redaktur dan Redaktur. Untuk UKW tingkat Utama akan di isi dari Asisten Redaktur Pelaksana, Redaktur Pelaksana dan Pemimpin Redaksi," jelasnya.

Langkah UKW sendiri, kata Pempred Dumai Pos ini, untuk meningkatkan kompetensi dan Profesionalitas wartawan, sehingga wartawan memiliki kecakapatan dan kompeten dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya.
 
"Wartawan kompeten maka akan melaksanakan tugas dengan baik dan taat terhadap Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Wartawan akan semakin profesional menjalankan tugasnya dan tidak menjadi alat kepentingan politik," paparnya.
 
Sebelum menyudahi, Kambali menegaskan bahwa kegiatan UKW sendiri merupakan bagian rangkaian memeriahkan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Provinsi Riau dan kebetulan Kota Dumai sebagai tuan rumah acara puncaknya.

"UKW bagian dari peringatan HPN Riau di Kota Dumai. Selain UKW, banyak kegiatan yang sudah dan belum kita laksanakan. Yang sudah itu seperti kegiatan sosial menyerahkan bantuan ke panti asuhan," jelasnya.

Sebagai informasi tambahan, tuan rumah pelaksanaan HPN 2017 Propinsi Riau, yaitu Pemerintah Kota Dumai berharap kiranya dapat mempromosikan Dumai di bidang pariwisata, perindustrian, pelabuhan, perdagangan, dan bidang lainnya.

(rdk/rdk)
Tags UKW
Komentar