• Home
  • Pendidikan
  • Bupati Siak Minta Pendidikan dan Guru Jadi Perhatian Bersama

Bupati Siak Minta Pendidikan dan Guru Jadi Perhatian Bersama

Arif Rahman Selasa, 01 Agustus 2017 21:05 WIB
SIAK - Bupati Siak Syamsuar menyebutkan kemajuan suatu bangsa ditentukan dengan majunya pendidikan disetiap daerah.

Bupati memiliki komitmen dalam meningkatkan SDM masyarakat kabupaten siak, ini dibuktikan dengan memberlakukan Peraturan Daerah tentang wajib belajar 9 tahun di Kabupaten Siak yang di terapkan awal ia menjabat pada tahun 2011 lalu.

"Kita menyiapkan semua kebutuhan sekolah berharap tidak ada lagi anak-anak yang tidak sekolah, dan semua biaya ditanggung oleh pemerintah daerah, tidak ada biaya dibebankan oleh anak-anak,"ujar Bupati Siak H. Syamsuar.


Kenapa ini dilakukan sebagai bupati sebut Syamsuar,dia bahwa melihat dari jumlah penduduk siak saat itu kebanyakan masyarakatnya kebanyakan tamatan SMP. 

Oleh karena itu, selaku kepala daerah dirinya mengambil langkah menerapkan wajib belajar 9 tahun agar meningkatkan tamatan masyarakat menjadi SMA.

Syamsuar juga menyampaikan perubahan undang-undang alih kewenangan SMA dan SMK yang semula dibawah pemerintah kabupaten berpindah ke provinsi dibawah pengelolaannya Dinas Pendidikan Provinsi, penerapan dari undang-undang ini munculnya kekahwatiran tidak hanya saya namun juga para bupati yang lain. 

Kekahawatiran tersebut adalah jangan sempat merubah atau mengubah mutu pendidikan yang sudah lebih baik ini menjadi menurun.

Tahun ini memasuki priode kedua kepemimpinan bupati Siak Syamsuar telah banya prestasi dicapai dalam bidang pendidikan, saat ini pemkab siak terus melakukan kerjasama dibidang pendidikan dengan perguruan tinggi terkemuka di negri ini. 

Agar anak siak dapat menimba ilmu disana dan bisa kembali kesiak mengabdi di daerahnya, hal seperti ini lah sudah di capai kabupaten siak.

"Kita semua berharap mutu pendidikan didaerah ini terus bertambah lebih baik, karena sebuah kabupaten yang baru dituntut untuk mempersiapkan SDM masyarakatnya, agar bisa bersaing dengan daerah yang masyarakatnya dari SDM lebih maju,"katanya.

Syamsuar menyambut baik kegiatan PGRI di lakasanakan disiak ini, Dengan adanya Komprensi kerja II PGRI ini harapan nya pada guru siak dapat bertukar informasi tentang kebijakan masing-masing daerah, kemajuan suatu bangsa ditentukan dengan majunya pendidikan di setiap daerah.

"Karena sudah tuntutan zaman tidak biasa dipungkiri suatu waktu anak-anak kita akan kalah dengan anak-anak daerah lain kalau tidak ada peningkatan mutu dari kita, namun ini semua harus di imbangi dengan sarana dan prasana dan juga di imbangi dengan peningkatan SDM para guru itu sendiri,"katanya lagi.

Dia menyarankan kepada guru agar lebih ekstra kepada anak-anak mewaibkan berbahasa inggris, arus globalisasi menuntut kita untuk mewajibkan berbahasa inggris.

Disamping pendalaman mata pelajaran lain bahasa inggris juga harus menjadi perhatian, karena jika belajar keluar negri inggris harus bisa kita kuasai.

(arf/mcr)
Tags Bupati SiakGuruPGRIPemkab Siak
Komentar