• Home
  • Politik
  • Amien Rais Minta Syamsuar Jadi Bapak Semua Golongan

Pilgubri 2018

Amien Rais Minta Syamsuar Jadi Bapak Semua Golongan

Hadi Pramono Minggu, 07 Januari 2018 22:14 WIB
Dewan Pembina Partai PAN Amien Rais menghadiri deklarasi pasangan calon Gubernur Riau Syamsuar - Edy Natar Nasution di Pekanbaru, Riau, 7 Januari 2018. Amien berpesan kepada kedua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang diusung partai Koalisi PAN,
PEKANBARU - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menghadiri deklarasi pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Syamsuar-Edy Natar Nasution, di Lapangan Bukit, Senapelan, Pekanbaru, Minggu, 7 Januari 2018. 

Syamsuar-Edy Nasution diusung tiga partai koalisi, yakni PAN, NasDem, dan Partai Keadilan Sejahtera, dalam pemilihan kepala daerah Riau 2018.

Amien berpesan agar Syamsuar-Edy Nasution merangkul semua kepentingan lapisan masyarakat bila diamanahkan menjadi Gubernur Riau lima tahun ke depan. "Jadilah bapak semua golongan, kelompok, dan semua partai," katanya dikutip dari tempo.co.

Dengan demikian, kata Amien, dukungan untuk semua program yang sudah direncanakan akan semakin kuat. "Tidak membedakan kepentingan satu dan yang lain. Kalau sampai nanti ada pilih kasih, ini sesuatu yang keliru," ucapnya.

Amien meyakini Syamsuar dapat menjaga amanah yang diberikan kepadanya menyusul pengalaman kerjanya yang cukup baik selama dua periode memimpin Kabupaten Siak. Syamsuar-Edy Nasution diyakini bakal menjadi gubernur untuk seluruh rakyat Riau, bukan hanya sekelompok orang dan golongan.

"Berdasarkan jam terbangnya, saya yakin Pak Syamsuar bisa melaksanakan itu," ujarnya.

Di hadapan ribuan kader ketiga partai, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Riau Irwan Nasior, Ketua DPP NasDem Iskandar Husen, dan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS Riau membacakan deklarasi dukungan terhadap Syamsuar-Edy Nasution. Ketiga partai memerintahkan seluruh kadernya mendukung pasangan Syamsuar-Edy Nasution dalam pemilihan Gubernur Riau 2018.

"Dengan sepenuh hati mendukung dan mendeklarasikan mendukung Syamsuar-Edy Nasution periode 2019-2024, kami siap memperjuangkan keduanya menjadi pasangan Gubernur Riau dengan kemenangan yang terhormat dan bermartabat," kata Irwan.

Setelah deklarasi, Syamsuar menyatakan siap mengikuti pilkada Riau 2018. "Besok kami akan langsung daftar ke KPU (Komisi Pemilihan Umum) Riau," ucapnya.

Dalam pilkada ini, Syamsuar mendapatkan dorongan cukup besar dari wilayah Riau bagian pesisir. Pengalaman menjabat Bupati Siak dua periode menjadi modal besar baginya untuk maju dalam pilgub Riau. Bersama Edy Nasution, dia meyakini bakal menambah kekuatan dukungan dari wilayah Riau daratan.

"Sehingga kami mengharapkan adanya perubahan yang sangat mendasar di Riau ini," tuturnya.

Sejauh ini, sudah ada dua pasangan calon Gubernur Riau memenuhi syarat pendaftaran di KPU Riau, yakni pasangan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno, yang diusung koalisi Partai Golkar (14 kursi) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (9 kursi).

Kemudian Syamsuar-Edy Nasution diusung yang didirikan Amien Rais, PAN (7 kursi) , NasDem (3 kursi), dan PKS (3 kursi) . Syarat untuk maju dalam pemilihan gubernur Riau adalah pasangan calon harus memiliki 13 kursi atau 20 persen suara di legislatif.

(zik/zik)
Tags PANPartai PANPilgubriPilkada
Komentar