• Home
  • Politik
  • Bawaslu Riau Menilai Tak Etis Firdaus Syukuran Rekomenasi Parpol di Rumah Dinas

Bawaslu Riau Menilai Tak Etis Firdaus Syukuran Rekomenasi Parpol di Rumah Dinas

Wili Hidayat Senin, 08 Januari 2018 20:39 WIB
PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu (Baswaslu) Riau mengomentari terkait puluhan oknum ASN Pemerintah Kota Pekanbaru berkerumun di rumah dinas Walikota Firdaus untuk memberikan selamat karena mendapat dukungan dari partai politik.

Firdaus mendapat dukungan dari Partai Demokrat untuk maju dalam pemilihan Gubernur Riau mendatang. Hal itu diketahui setelah diumumkannya oleh DPP Demokrat terhadap Firdaus sebagai bakal calon Gubernur Riau.

Dalam Grup whatsapp Wartawan Sahabat Bawaslu Rusidi menyampaikan bahwa Tidak etis ASN memberi ucapan selamat atau mendatangi acara syukuran kepada seseorang yang memperoleh dukungan politik, kecuali nanti kalau sudah terpilih.

Dilanjutkannya ucapan selamat telah memperoleh dukungan parpol untuk maju sebagai calon kepala daerah identik dengan simpatik dan pro kepada yang bersangkutan untuk maju.

Sedangkan ASN harus menghindari tindakan dan sikap yg mengarah kepada pro kepada salah satu bakal calon karena dapat diartikan sebagai bentuk keberpihakan

Demikian juga, seorang Walikota tidak etis menggelar syukuran atas Rekomendasi parpol di Rumah Dinas, "kalau di Rumah Pribadi silahkan saja" tegasnya

Rusidi menghimbau ASN menjaga sikap dan tindakan untuk tidak menghadiri kegiatan berbau politis "Kita Himbau ASN untuk tidak menghadiri kegiatan yang berbau politis " tuturnya

Sebelumnya Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, M Noer berkilah jika kehadirannya bersama para ASN Pemko Pekanbaru lainnya hanya bentuk semangat dan ucapan selamat kepada pimpinannya yang akan maju di pilkada gubernur Riau.

"Ini bentuk semangat dan ucapan terima kasih kepada pimpinan kami sebagai Kepala Daerah. Ini kan bukan deklarasi, jadi tidak masalah jika ASN datang hanya untuk memberi ucapan selamat kepada beliau," ungkapnya.

M Noer menilai, apa yang di lakukan para ASN ini masih batas kewajaran antara pimpinan dengan bawahan. Hal ini juga tidak ada kaitannya dengan politik praktis.

"Para ASN Pemko Pekanbaru yang datang ke sini untuk menggelar syukuran. Jadi perlu diluruskan, tidak ada kaitannya dengan politik praktis. Ini kan belum masuk lapangan. Ini baru syukuran," tegasnya dikutip dari riauaktual.com.

M. Noer juga menjamin, jika kedatangan para ASN yang datang ke rumah dinas walikota Pekanbaru ini tidak akan mengganggu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

"Kita tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Lagipun ini tidak seluruh ASN. Hanya pimpinan kepala OPD saja yang datang. Jadi tidak ada yang mengganggu pelayanan," tutupnya. 

(rac/wil)
Tags Bawaslu RiauFirdausPilgubriPilkada
Komentar