• Home
  • Politik
  • Gagal ke Senayan, Azis Zaienal Resmi jadi Bupati Kampar

Gagal ke Senayan, Azis Zaienal Resmi jadi Bupati Kampar

Senin, 22 Mei 2017 11:54 WIB
PEKANBARU - Gagal maju sebagai calon legislatif (Caleg) DPR RI tahun 2014 lalu, tidak menyurutkan semangat Azis Zaenal di kancah politik. Ia kembali mengadu nasibnya di dunia politik melalui pesta demokrasi, Pilkada Kabupaten Kampar tahun 2017. 

Berpasangan dengan Catur Sugeng Susanto, Azis Zaenal terus mendekatkan diri kepada masyarakat Kampar. Alhasil, pasangan dengan tagline "Kerja, Kerja, Kerja, Kampar Maju" ini berhasil memenangkan kontestasi Pilkada Kampar. Beragam ucapan selamat pun dilontarkan kepada pasangan satu ini. 

Berkat keberhasilannya dalam Pilkada Kampar, Azis Zaenal dan Catur Sugeng Susanto pun hari ini resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kampar periode 2017-2022 oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman. 

Wajah cerah tentu tampak menghiasi dari pasangan ini. Wajah cerah tersebut bisa saja sebagai cerminan dari usahanya dalam memperebutkan hati masyarakat Kampar selama Pilkada Kampar berlangsung waktu itu. 

Usai dilantik, masyarakat Kampar tentu menunggu gebrakan apa saja yang akan dilakukan pasangan ini. Mewujudkan janji-janji selama kampanye menjadi sebuah kewajiban bagi Azis Zaenal dan Catur Sugeng Susanto. 

Merujuk kepada biografinya, Azis Zaenal lahir di Kampar pada tanggal 15 Oktober 1950. Azis Zaenal dikenal sebagai seorang yang ulet, jujur dan cerdas yang mengantarkannya sukses sebagai pengusaha, politikus. 

Sebelum memutuskan terjun ke dunia politik, Azis Zaenal pernah bekerja sebagai staf administrasi keuangan di PT Wika (salah satu BUMN), Pekanbaru tahun 1973. 

Berkat ketekunannya, Azis terus mendapatkan promosi kenaikan jabatan, mulai dari manager hingga dipercaya sebagai Direktur Operasional PT Wika Intrade, Jakarta pada tahun 2000-2001. 

Usai mengabdikan diri sebagai pekerja di salah satu BUMN, Azis Zaenal mencoba terjun ke dunia politik. Tidak tanggung-tanggung​, jabatan anggota DPRD Riau pernah diembannya sebagai perwakilan masyarakat Kampar di DPRD Riau. Azis Zaenal terpilih untuk periode 2009-2014. 

Tidak puas hanya sebagai perwakilan masyarakat Kampar di provinsi, tahun 2014 lalu, Azis Zaenal mencoba untuk menaikkan rating politiknya sebagai Caleg DPR RI. 

Azis Zaenal memilih Dapil Riau 2 yang meliputi, Kabupaten Kampar, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Kuantan Singingi. Tapi sayangnya, niat Azis Zaenal waktu itu belum kesampaian. 

Di internal partai, Azis Zaenal dipercaya kader PPP Riau sebagai ketua DPW PPP Riau dua periode, 2009-2014 dan 2015-2020. Di masa kepemimpinannya, dua kader PPP Riau berhasil memenangkan dua Pilkada di Riau. 

Dua kader tersebut yakni, ia sendiri dalam Pilkada Kampar dan Mursini (Bendahara DPW PPP Riau) dalam Pilkada Kuansing, 2015 lalu.

(rdk/rtc)
Tags
Komentar