• Home
  • Sosial
  • Danlanal Dumai Serahkan 100 Paket Sembako untuk Nelayan Selatpanjang

Danlanal Dumai Serahkan 100 Paket Sembako untuk Nelayan Selatpanjang

Roni Pratama Selasa, 16 Februari 2021 16:16 WIB
MERANTI - Komandan Angkatan Laut (Danlanal) Dumai secara simbolis memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan berupa 100 Paket Sembako kepada para nelayan yang berada di Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti. Penyarahkan bantuan sembako ini sebagai wujud kepedulian TNI AL untuk masyarakat yang dalam kondisi wabah virus Covid-19 yang masih melanda bumi pertiwi ini.

Komandan Angkatan Laut (Danlanal) Dumai Kolonel Laut (P) Himawan MMSMC, berharap bantuan sembako yang diserahkan sedikit membantu para nelayan untuk kebutuh sehari-hari. "Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat untuk para nelayan dan keluarga di rumah," ucapnya, Selasa (16/2/2021).

Penyerahan sembako ini bertepatan dengan peresmian Renovasi Pos Angkatan Laut Selatpanjang, peresmian Pos AL yang akan menjadi mata dan telinga TNI AL dalam menjaga keamanan laut dan penegakan hukum diwilayah laut Kep. Meranti, dipusatkan dijalan Jawi-Jawi, Selatpanjang.

Peresmian Renovasi Posal Sepatpanjang ditandai dengan Penyerahan Hibah Tanah oleh Camat Tasik Putri Puyu Sugiarti kepada Danlanal Dumai, Penyerahan Dana Renovasi Posal Selatpanjang dari Sekdakab. Meranti Dr. H. Kamsol kepada Danposal Selatpanjang Letda Jery Hendra, dilanjutkan dengan Penandatanganan Naskah Perjanjian Daerah oleh Sekda Meranti Dr. H. Kamsol dan Danlanal Dumal Kolonel Himawan, terakhir Penandatanganan Prasasti.

Dalam sambutannya Danlanal Dumai Kolonel Laut Himawan, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab. Meranti dan semua pihak yang telah mendukung renovasi Posal Selatpanjang, sehingga lebih representatif dalam mendukung tugas TNI AL dibidang Kemaritiman.

"Atas nama Pimpinan Angkatan Laut saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan Pemerintah Daerah dalam renovasi Posal Selatpanjang," ujar Danlanal Dumai.

Selanjutnya, Himawan menceritakan sekilas sejarah berdirinya Posal Sepanjang, diawali pada tahun 1996 Silam, ketika itu Posal Selatpanjang masih berupa Unit Tugas Keamanan Laut yang memiliki tugas utama untuk menegakan hukum dan menjaga kemananan laut didaerah yuridis Nasional. Seiring perkembangan zaman dan kompleksnya dinamika permasalahan diwilayah Laut Selatpanjang pada tahun 2007 Unit Tugas Keamanan Laut Selatpanjang ditingkatkan kapasitasnya menjadi Pos Angkatan Laut hingga saat ini.

Kedepan dikatakan Danlanal, tidak menutup kemungkinan Posal AL Selatpanjang akan ditingkatkan lagi menjadi Pangkalan Laut, pertimbangan itu melihat wilayah Kepulauan Meranti yang luas dan berada dikawasan strategis Nasional yakni berhadapan dengan Selat Malaka yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura.

Untuk itu Danlanal berharap, keberadaan Posal Selatpanjang ini dapat menjadi mitra pemerintah dan instansi terkait painnya dapam menciptakan situasi aman dan kondusif diwilayah Kep. Meranti.

Bukan saja menjaga keamanan laut Danlanal juga mengintruksikan Komandan Posal Selatpanjang juga turut berperan dalam pembinaan masyarakat yang berada diwilayah pesisir sehinga mampu mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya mendukung Pemerintah Daerah dalam mensukseskan Kampung Kakap Putih salah satu program Nasional yang dilaksanakan dinegeri Sagu.

"Keberadaan TNI AL bukan saja untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif diwilayah Laut Selatpanjang tapi juga harus mampu bekerja sama dengan Pemda, Babinsa Polri untuk bersama-sama membina masyarakat dalam upaya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan melalui Kampung Bahari Nausantara," ujar Danlanal lagi.

Turut hadir dalam acara itu, Danposal Selatpanjang Letda Jery Hendra, Danramil Selatpanjang Mayor Inf. Bismi Tambunan, Kasat Binmas Polres Meranti AKP. Jufri, Ka. Imigrasi Selatpanjang Maryana,S.Sos, Perwakilan KSOP Selatpanjang, Kadis Perikanan Meranti Eldi Syahputra, Ka. Kemenag Meranti, Para Camat, Tokoh Masyarakat/Agama dan lainnya.
Tags Danlanal DumaiLanal DumaiPemkab MerantiSekda MerantiSembako
Komentar