• Home
  • Sosial
  • Sosialisasi LAPOR Diharapkan Penuhi Hak Masyarakat Akan Informasi Publik

Sosialisasi LAPOR Diharapkan Penuhi Hak Masyarakat Akan Informasi Publik

Roni Pratama Kamis, 19 November 2020 14:29 WIB
BENGKALIS - Dilaksanakan sosialisasi Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Kamis (19/11/2020).

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Bengkalis H. Tengku Zainuddin mewakili Penjabat Bupati Bengkalis, berharap sosialisasi ini bukan saja memberikan pencerahan dan menambah wawasan semata.

"Tapi juga berkontribusi nyata bagi peningkatan kuantitas dan kualitas peran, fungsi serta layanan pejabat penghubung di setiap perangkat daerah dalam memenuhi hak-hak masyarakat akan informasi publik," katanya.

Melalui aplikasi layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat Lapor, dia berharap masyarakat dapat berinteraksi dengan pemerintah secara interaktif dengan prinsip mudah dan terpadu dalam pengawasan pembangunan serta pelayanan publik.

"Melalui aplikasi layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat Lapor, saya harap dapat melayani pengaduan pelayanan publik yang berbasis antar instansi, lintas instansi mulai dari unit terbawah sampai unit teratas," harapnya.

Layanan yang dikembangkan bersama Kantor Staf Presiden, Ombudsman Republik Indonesia dan Kemenpan RB dan telah ditetapkan sebagai SP4N agar seluruh pemda tak terkecuali Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk menerapkannya. 

Ketua pelaksana Mohd Elkhusairi mengungkapkan, sosialisasi dilaksanakan agar para petugas LAPOR atau pejabat penghubung dapat benar-benar memahami tentang LAPOR sehingga pelayanan pemerintah kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik, khususnya tentang LAPOR.

"Aplikasi SP4N dan LAPOR ini akan berguna untuk menampung Keluh dan kesah Masyarakat, semoga aplikasi ini lebih meningkatkan Kinerja ASN di Pemerintah Kabupaten Bengkalis," ungkap Heri yang juga Kabid pengelolaan dan pelayanan informasi publik Diskominfotik ini.

Kegiatan sosialisasi ini di ikuti sebanyak 49 peserta dari pejabat penghubung yang ada di perangkat daerah dengan Narasumber dari kementrian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi Republik Indonesia Siti Rafika Amalia Dina.

Tampak Hadir, Kabid pengelolaan Berbasis Elektronik Diskominfotik Zulkifli, Kabid Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik Diskominfotik Mohd. Elkhusairi dan peserta pejabat penghubung dilingkungan Pemkab Bengkalis.
Tags Aplikasi LaporBupati BengkalisLaporPemkab Bengkalis
Komentar