• Home
  • Sosial
  • Walikota Dumai Beri Apresiasi Uji Kompetensi Wartawan Tajaan PWI

Walikota Dumai Beri Apresiasi Uji Kompetensi Wartawan Tajaan PWI

Sabtu, 01 April 2017 14:55 WIB
DUMAI - Memilih profesi sebagai seorang jurnalis merupakan hak asasi seluruh warga negara. Namun karena kompleksnya skill dalam mengolah data dalam untaian bahasa tidak semua warga negara bisa melakukan pekerjaan kewartawanan. 

Demikian pengawal sambutan Wali Kota Dumai Zulkifli AS, kepada peserta Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kota Dumai.

"Ada ketentuan dan alat ukur yang perlu dijadikan sebagai pedoman dalam melaksanakan profesi kewartawan. Pekerjaan wartawan berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat atau publik," katanya. 

Sebagai profesi yang terhormat, kata dia, maka wartawan wajib mengawal kebenaran dan keadilan, melakukan perlindungan terhadap hak-hak pribadi dan masyarakat. Untuk mencapai hal tersebut dalam melaksanakan tugasnya wartawan harus memiliki standar kompetensi yang memadai. 

"Standar kompetensi itu menjadi alat ukur profesionalitas wartawan. Oleh karenanya, langkah yang diambil PWI Kota Dumai merupakan langkah tepat dan strategis. Langkah tersebut perlu didukung oleh seluruh komponen terkait," ujarnya.

Dijelaskannya, UKW ini akan menghasilkan sebuah standar kompentensi bagi wartawan dan sangat diperlukan untuk melindungi kepentingan publik dan hak pribadi masyarakat guna menjaga kehormatan pekerjaan wartawan. 

"Melalui UKW ini pula wartawan akan di uji kemampuan intelektual dan pengetahuan umumnya. Di dalam UKW itu melekat pemahaman tentang pentingnya kemerdekaan berkomunikasi, berbangsa dan bernegara yang demokratis," jelasnya.

Menurutnya, kemampuan untuk memahami etika dan hukum pers, konsepsi berita, penyusunan dan penyuntingan berita, serta bahasa tidak dapat dilepaskan dari kaitan kompetensi wartawan. 

"Hal ini juga menyangkut kemahiran melakukan kemampuan yang bersifat teknis. Disinilah dapat diketahui tentang profesionalitas wartawan dalam mencari, memperoleh, menyimpan, memiliki, mengolah, membuat dan menyiarkan berita," tuturnya.

Kegiatan diharapkan sebagai salah satu langkah tepat dalam membina dan menumbuh kembangkan partisipasi aktif dalam pembangunan serta menunjang Visi dan Misi Kota Dumai sembari meningkatkan promosi daerah ini.

Tambahnya, UKW ini tentu sangat bermanfaat dalam rangka menciptakan SDM Insan Pers secara menyeluruh, lebih spesifik lagi dalam rangka menanamkan Kode Etik Jurnalistik bagi setiap insan pers yang mengikuti Uji Kompetensi kali ini.

"Saya berharap semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberi masukan dan nilai tambah yang sangat besar pengaruhnya bagi pengembangan kemampuan profesional insan pers se-Kota Dumai," pungkasnya.

(rdk/rdk)
Tags UKW
Komentar