• Home
  • Tekno
  • Bengkalis Terima Data Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi

Bengkalis Terima Data Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi

Rony Pratama Kamis, 01 Februari 2018 19:15 WIB
JAKARTA " Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Selasa, 30 Januari 2018 lalu menyerahkan data Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi (CSRST) kepada 22 penerima yang terdiri dari kementerian, lembaga, dan instansi. 

Dari 22 penerima data tersebut, LAPAN menetapkan Kabupaten Bengkalis sebagai satu-satunya daerah di Provinsi Riau sebagai penerima data CSRST.

Dikutip dari RiauKepri.com, Penyerahan data CSRST dilaksanakan di Hotel  Sari Pan Pacific Indonesia, Jakarta dengan dihadiri Menristek, Kepala Bappenas, Ketua Komisi VII DPR RI, serta perwakilan beberapa daerah se-Indonesia.

Sementara dari pihak Pemerintah Kabupaten Bengkalis dihadiri oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), yang diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Tata Ruang, Muhammad Firdaus.

Penyerahan anugerah CSRST tersebut langsung dilakukan oleh Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Jamaluddin.

Dijelaskan Firdaus bahwa penyerahan CSRST adalah bagian dari apresiasi lembaga LAPAN bagi daerah yang secara aktif melakukan komunikasi dan koordinasi, serta punya atensi besar dalam perpetaan di Indonesia.

“Kita mewakili Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengucapkan terima kasih kepada Bapak Prof. Dr.Thomas Djamaludin, selaku Kepala LAPAN yang telah mengundang kita sebagai satu-satunya daerah di Provinsi Riau untuk menerima langsung Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi (CSRST) ini,” ungkap Firdaus.

Selanjutnya Firdaus menuturkan di era globalisasi dan digitalisasi seperti sekarang ini, kebutuhan data yang akurat dan valid merupakan suatu keniscayaan, dan CSRST ini merupakan peradaban baru yang mampu menjawab tantangan dan kebutuhan pembangunan di daerah.

“CSRST ini banyak sekali manfaatnya untuk mendukung program pembangunan, baik tingkat nasional maupun daerah. Khususnya bagi pemerintah daerah,  CSRST ini dapat dimanfaatkan untuk penataan ruang, identifikasi potensi SDA dan Lingkungan, pemetaan area kebakaran hutan dan lahan, peta desa, bencana alam dan masih banyak lagi manfaat lainnya,” ungkap Firdaus.

Untuk mengoptimalkan penggunaan CSRST kata Firdaus,  Pemkab Bengkalis akan mengirim ASN ke LAPAN agar dapat menyiapkan SDM yang diperlukan nantinya.

“Untuk penggunaan CSRST ini secara maksimal sebenarnya kita belum mampu karena terbatasnya SDM, oleh karena itu kita sudah menyepakati dengan LAPAN untuk mendidik ASN dari Kabupaten Bengkalis menjadi tenaga yang profesional di bidang perpetaan,” tuturnya.

(ron/ron)
Tags Pemkab Bengkalis
Komentar