• Home
  • Tekno
  • Fitur Always On Sambangi Google Pixel?

Fitur Always On Sambangi Google Pixel?

Senin, 10 Juli 2017 07:08 WIB
Google Pixel. Foto: Reuters
JAKARTA - Hingga kini ponsel Pixel dan Pixel XL masih menjadi ponsel andalan Google. Raksasa teknologi ini pun dikabarkan akan menyematkan fitur terbaru untuk duo Pixel, yakni layar Always On.

Ketika bicara jeroan smartphone, baik Pixel dan Pixel XL sejatinya sudah dilengkapi dengan daftar spesifikasi yang mumpuni. Di bagian layar misalnya, sudah menggunakan teknologi layar OLED yang membuat pencahayaan dan pewarnaan terlihat tajam.

Pun begitu, ada satu fitur layar kekinian yang mungkin terlewatkan oleh Google, yakni fitur Always On. Nah, fitur ini tampaknya sedang dilirik oleh Google dan kemungkinan bakal digelontorkan bersamaan dengan update Android O tahun 2017 nanti.

Kabar mengenai penggarapan fitur Always On terkuak dari Android O Developer Preview, di mana sejumlah developer mendapati adanya file sistem Always On Display pada Pixel dan Pixel XL. Kode itu diberi nama doze_always_on, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Minggu (9/7/2017).

Menurut anggota XDA Developers, arti kata 'doze' dalam kode ini tidak mengacu pada mode hemat baterai yang diperkenalkan Google pada Android Marshmallow. Tapi, 'doze' di sini mengacu ke layar ambient. Tak hanya itu, kode tersebut juga menunjukkan kemungkinan ada tombol untuk mengontrol mode ini.

Tombol tersebut tersembunyi dalam setting perangkat. Namun Google kemungkinan sudah memindahkannya sebelum Android O dirilis.

Bicara Always On, fitur ini sempat jadi perdebatan. Pihak Motorola menuding Samsung meniru ide tersebut dengan menempatkannya di Galaxy S7 dan S7 Edge. 

Namun kenyataannya fitur ini lebih dulu hadir di Nokia Lumia. Always On memungkinkan layar menampilkan beragam informasi dalam keadaan layar mati dengan konsumsi daya sangay sedikit.

(dtc/dtc)
Tags Google
Komentar