• Home
  • Traveler
  • LAM Riau Apresiasi Kabupaten Bengkalis Kembali Raih Piala Adipura

LAM Riau Apresiasi Kabupaten Bengkalis Kembali Raih Piala Adipura

Deri Andrian Jumat, 04 Agustus 2017 19:19 WIB
Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah H Arianto menyerahkan penghargaan Adipura kepada Wakil Ketua MKA LAM Riau Kabupaten Bengkalis H Bahrum, sebelum diarak keliling kota Bengkalis, Jumat (4/8/2018) pagi tadi.
BENGKALIS - Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Kabupaten Bengkalis memberikan apresiasi atas keberhasilan kota Bengkalis meraih penghargaan Adipura, sebagai salah satu kota kecil terbersih di Indonesia tahun 2017 ini.

“Keberhasilan Bengkalis yang kembali mendapat penghargaan Adipura tahun ini memang sudah patut diapresiasi. Kami dari LAMR Bengkalis ikut bangga dengan capaian ini,” ujar Wakil Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau Kabupaten Bengkalis H Bahrum.

H Bahrum mengatakan itu saat menghadiri acara penyambutan Adipura di pelabuhan Ro-Ro Desa Air Putih, Kecamatan Bengkalis, Jum’at (4/8/2017) pagi tadi.

Namun demikian, harapnya, Pemerintah daerah dan seluruh masyarakat di Bengkalis tidak boleh larut dengan keberhasilan ini. Sebab, meraih itu lebih mudah ketimbang mempertahankannya.

Kegagalan selama dua tahun, yaitu 2015 dan 2016 dimana Bengkalis tidak memperoleh Adipura, imbuhnya, harus benar-benar dijadikan cermin agar tak terulang lagi.

H Bahrum juga berharap, keberhasilan Bengkalis yang kembali meraih Adipura tahun ini, benar-benar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Mari kita jadikan penghargaan Adipura ini momentum untuk menumbuhkan spirit dan kesadaran bagi kita semua untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Menjadikannya kebutuhan yang membudaya dalam keseharian,” harapnya.

Tadi pagi, sebelum diarak, usai diterima oleh Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah H Arianto di pelabuhan Ro-Ro Air Putih, Adipura diserahkan ke LAMR Riau Kabupaten Bengkalis. Selanjutnya diteruskan di Bujang Dara Bengkalis untuk diarak keliling kota Bengkalis.

Arak-arakan Adipura yang melalui sejumlah ruas di kota Bengkalis berlangsung meriah. Berbagai komponen masyarakat ikut menyemarakkan arak-arakan tersebut yang berakhir di kantor Dinas Lingkungan Hidup di Jalan Pertanian, Desa Senggoro.

Seperti telah diinformasikan sebelumnya, Adipura diterima langsung Bupati Bengkalis Amril Mukminin di Jakarta pada Rabu (2/8/2017) malam. Penyerahannya dilakukan langsung Menteri Lingkungan dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya.

Penyerahan Adipura yang dilakukan sempena puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017 dilakukan pada Malam Anugera Lingkungan yang ditaja di Auditorium Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Penghargaan Adipura yang diterima Bupati Amril tersebut, merupakan yang pertama kali diraih daerah ini di era kepemimpinannya sejak dilantik pada 17 Februari 2016.

Penghargaan Adipura ini terakhir kali didapat Bengkalis tahun 2014. Sedangkan di tahun 2015 dan 2016, daerah ini gagal meraihnya.

(der/der)
Tags LAM RiauPemkab BengkalisPiala Adipura
Komentar