• Home
  • Traveler
  • Mahasiswa 20 Universitas di Indonesia Siap Promosikan Potensi Wisata Siak

Mahasiswa 20 Universitas di Indonesia Siap Promosikan Potensi Wisata Siak

Hadi Pramono Selasa, 18 Juli 2017 19:01 WIB
SIAK - Potensi wisata Siak menjadi magnet tersendiri bagi para pelancong baik lokal maupun dari mancanegara. Bahkan sejumlah sekolah dan universitas juga memilih Negeri Istana Matahari Timur ini untuk melakukan edukasi wisata bersama rombongan.

Seperti halnya yang yang dilakukan rombongan mahasiswa dari 20 universitas se Indonesia. Usai mengikuti pelatihan jurnalistik di Pekanbaru, Riau, rombongan ini langsung bertolak ke Kabupaten Siak dan dijamu makan malam oleh Pemkab Siak dan Kadis Pariwisata Siak, Fauzi, Senin (17/7/2017) di gedung Tengku Maharatu.

Dikatakan Pimpinan Umum LPM Bahana UR Suryadi M Nur, tujuan rombongan pelatihan bimbingan jurnalistik yang datang ke Siak ini adalah untuk menggali lebih dalam lagi potensi wisata kabupaten Siak.

Dimana Siak dipilih sebagai tempat pelatihan jurnalistik tingkat lanjut dikarenakan Pemkab siak aangat serius dalam mengurusi objek wisatanya baik dari alam maupun dari peninggalan-peninggalan sejarah.

"Jadi potensi-potensi wisata Siak ini akan langsung dipromisikan oleh peserta pelatihan jurnalistik yang dikuti oleh mahasiswa dari 20 universitasi di Riau. Siak salah satu daerah yang serius dalam mengembangkan objek wisatanya," tutur Suryadi.

Sementara itu Pemkab Siak melalui Asisten Administrasi Umum H Jamaluddin Setda Kabupaten Siak didampingi Kepala Dinas Pariwisata H Fauzi Asni menerima kunjungan mahasiswa Indonesia dan Bahana Universitas Riau ini. Diketahui rombongan mahasiswa yang berasal dari Sulawesi, Jawa dan Sumatera.

Jamaluddin pada kesempatan itu memaparkan beberapa potensi dan kondisi Kabupaten Siak saat ini, tak lupa ia ceritakan sejarah kerajaan Siak, hingga berdirinya Kabupaten Siak. 

Selain itu ia pun menceritakan prestasi yang diraih dan banyaknya daerah lain (kabupaten/kota) yang datang dalam rangka sharing ilmu, hingga membuat nama Kabupaten Siak semakin dikenal.

"Disamping Siak memiliki sumber daya alam minyak dan gas bumi, negeri istana ini memiliki segudang prestasi, sehingga membuat Siak saat ini cukup dikenal luas sampai keluar daerah. Kita sangat menyambut baik kesatangan rombongan mahasiswa ini ke Siak" ujarnya.

Dijelaskan Jamal, saat ini dengan menurunnya produksi dan harga minyak, memaksa Pemkab Siak untuk mencari peluang lain. Yaitu dengan menjadikan Siak sebagai salah satu tujuan wisata di Sumatera. 

Hal itu tertuang dalam visi kabupaten Siak, yaitu terwujudnya Kabupaten Siak yang maju dan sejahtera dalam lingkungan masyarakat yang agamis, dan berbudaya melayu serta menjadikan kabupaten Siak sebagai tujuan pariwisata di Sumatera.

(arf/grc)
Tags Istana Siak Wisata RiauWisata Siak
Komentar