• Home
  • Traveler
  • Pemkab Kuansing Luncurkan Aplikasi Pacu Jalur Versi Android

Pemkab Kuansing Luncurkan Aplikasi Pacu Jalur Versi Android

Rahmad Wijaya Senin, 14 Agustus 2017 18:02 WIB
KUANSING - "Tak lekang karena panas dan tak lapuk karena hujan" begitulah peribahasa untuk Pacu Jalur. Pacu jalur tak akan hilang dari muka bumi. Begitulah tekad masyarakat di Kabupaten Kuansing untuk menjaga kelestarian tradisi ini. 

Yang telah berlangsung sejak 114 tahun lalu. Saat ini, tradisi pacujalur bukan lagi menjadi tontonan masyarakat tempatan. Tapi sudah menjadi hiburan bagi masyarakat seluruh dunia. 

Melalui karya anak negeri, sebuah aplikasi android yang diberi nama Informasi Pacujalur Kuantan Singingi (IPJKS), telah resmi diluncurkan tadi malam, Sabtu tanggal 12 Agustus 2017, oleh Bupati Kuantan Singingi H Mursini.

Melalui aplikasi ini, masyarakat di seluruh dunia sudah bisa menyaksikan tradisi pacujalur. Baik secara live maupun melalui saluran radio. Hanya butuh beberapa langkah untuk mendapatan aplikasi ini.

Langkah pertama, di Smartphone, si pengguna android cukup mencari menu playstore. Lalu, tulis Informasi Pacujalur Kuantan Singingi. 

Setelah itu, cukup menekan tulisan instal. Maka tugas anda selesai. Aplikasi IPJKS sudah anda miliki. Dan anda sudah bisa menonton kemeriahan tradisi masyarakat Kuantan ini.

Dalam sambutannya tadi malam, Bupati Kuansing, Drs H Mursini sangat mengapresiasi dan menyambut baik terebosan yang diciptakan IPJKS ini.

Dia mengatakan, dengan adanya aplikasi android ini, penggemar pacu jalur yang tidak dapat menyaksikan pacu jalur secara langsung, sekarang sudah bisa melihat dan mendengarkan secara live maupun melalui saluran radio streaming di aplikasi ini.

Bupati Mursini bercerita, terobosan karya anak negeri ini sudah dibuktikan sendiri olehnya. Waktu itu, katanya, dirinya berada di jogyakarta saat pelaksanaan iven pacujaur di Sentajo Raya berlangsung.

"Melalui aplikasi ini bisa dihubungkan langsung ke radio dimobil yang kami pakai. Saya bisa mendengarkan langsung pacu jalur hingga selesai,” aku Bupati.

Dia menambahkan, kehadiran aplikasi IPJKS berbasis android ini sangat membantu untuk mempromosikan budaya pacu jalur pada masyarakat luar. 

“Sehingga pacu jalur ini benar benar dikenal sebagai warisan budaya leluhur yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi,” tutup Bupati Mursini.

(dio/rtc)

Tags AndroidPacu JalurPemkab KuansingWisata KuansingWisata Riau
Komentar