• Home
  • Traveler
  • Walikota Dumai Hadiri Pelepasan Jemaah Calon Haji Tajaan Kemenag

Walikota Dumai Hadiri Pelepasan Jemaah Calon Haji Tajaan Kemenag

Raudhah Tussofa Senin, 24 Juli 2017 19:42 WIB
DUMAI - Kementerian Agama Kota Dumai menggelar kegiatan pelepasan pemberangkatan jamaah calon haji musim haji 1438 H/2017, dihadiri Wali Kota Zulkifli As bersama pejabat pimpinan daerah lain, di gedung daerah Pendopo Sri Bunga Tanjung, Senin (24/7/2017)

Kepala Kemenag Dumai Syafwan mengatakan, pelepasan atau Walimatus Safar ini diadakan jelang dimulainya pemberangkatan calon haji, dan setelah melalui berbagai rangkaian persiapan.

"Pemberian doa restu ini dilaksanakan jelang pemberangkatan jemaah calon haji agar senantiasa sehat, selamat di perjalanan, ibadab dan menjadi haji mabrur," kata Syafwan.

Dijelaskan, dalam musim haji tahun ini, jemaah Dumai sebanyak 212 orang tergabung dalam kelompok terbang 7 bersama calon haji dari Kabupaten Pelalawan, Rokan Hulu dan Rokan Hilir, dengan jemaah tertua berusia 75 tahun.

Seluruh jemaah telah melalui berbagai tahapan persiapan, seperti pelatihan di tingkat kecamatan dan kota, tes kesehatan, paspor dan pembagian koper.

"Jemaah kita tergabung di kloter tujuh dan keberangkatan dimulai empat agustus melalui pelabuhan menuju embarkasi batamn" sebutnya.

Sementara, Wali Kota Dumai Zulkifli As mengimbau jemaah haji agar menjaga kesehatan dan konsumsi makanan minuman sehat, karena cuaca di Kota Makkah diprediksi panas hingga mencapai 50 derajat selsius.

Selain itu, haji merupakan ibadah yang membutuhkan kondisi kesehatan baik, dan diharap menjaga kualitas kesehatan agar selama perjalanan dan pelaksanaan ibadah tidak terganggu dan bisa menjadi haji mabrur.

"Cuaca panas di makkah hendaknya diantisipasi dengan mengurangi kegiatan diluar pemondokan dan perbanyak minum air putih agar ibadah lancar dan tidak terganggu," kata wali kota.

(rdk/wrc)
Tags Calon HajiKemenagWalikota-DumaiWalikota Dumai
Komentar