• Home
  • Bengkalis
  • Bupati Bengkalis Amril Mukminin Buka Pencanangan BBS Kesatuan Gerak PKK-KKBPK 2019

Pentingnya Membangun Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga

Bupati Bengkalis Amril Mukminin Buka Pencanangan BBS Kesatuan Gerak PKK-KKBPK 2019

Rony Pratama Kamis, 07 November 2019 18:38 WIB
Foto Bersama Pada Acara Bulan Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan Tingkat Kabupaten Bengkalis dan Tingkat Provinsi Riau Tahun 2019, di lapangan Pasar Bathin Solapan Jalan Sultan Syarif Kasim, Kamis (7/11/19).
BENGKALIS - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin mengajak masyarakat Kabupaten Bengkalis untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kesejahteraan keluarga dalam membangun semangat kebersamaan dan gotong royong guna terwujudnya masyarakat maju dan makmur di Negeri Junjungan.

Demikian disampaikan Bupati Bengkalis, Amril Mukminin saat menyampaikan sambutannya sekaligus membuka acara pencanangannya bulan bhakti sosial Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan Tingkat Kabupaten Bengkalis dan Tingkat Provinsi Riau Tahun 2019, yang dipusatkan di lapangan Pasar Bathin Solapan jalan Sultan Syarif Kasim, Kamis (7/11/19).

Dikatakan Amril momentum Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan dengan tema ''kita gerakkan keluarga dan masyarakat hidup sehat menuju Indonesia sejahtera” ini selaras dan relevan dengan upaya pencapaian visi Kabupaten Bengkalis 2016-2021, yakni terwujudnya Kabupaten Bengkalis sebagai model Negeri maju dan makmur di Indonesia.

"Untuk itu mari kita bersatu padu, bersama-sama berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan kesejahteraan keluarga, membangun semangat kebersamaan dan gotong royong guna terwujudnya masyarakat maju dan makmur,'' kata Amril.
Selain itu peran Kesatuan Gerak PKK dalam mendukung pelaksanaan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) di Kabupaten Bengkalis sangat dibutuhkan. 

"Meskipun saat ini telah berjalan dengan baik namun kami tetap mengharapkan kedepan untuk terus ditingkatkan dari waktu ke waktu dan PKK juga diharapkan dapat lebih besar lagi dalam menggerakkan bina keluarga balita agar balita dapat terpenuhi hak-haknya dan dapat melalui golden age/umur keemasannya dengan baik," terang Amril.

Sementara Gubernur Riau diwakili Kepala Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan Keluarga Provinsi Riau, Andra Syafril mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan pencanangannya bulan bhakti sosial Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan Tingkat Kabupaten Bengkalis dan Tingkat Provinsi Riau Tahun 2019 dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran akan arti pentingnya kesehatan dan keluarga berencana di masyarakat, terutama dalam rangka meningkat kesejahteraan, kualitas dan sumber daya masyarakat di Provinsi Riau.

"Pembangunan SDM yang berkualitas sangat penting dilakukan, karena betapapun giat-giatnya kita melaksanakan pembangunan disegala bidang namun bila tidak diimbangi dengan upaya pembangunan manusia yang berkualitas akan membawa hasil yang tidak sesuai dengan tujuan pembangunan itu sendiri, karena tujuan pembangunan itu mewujudkan manusia yang seutuhnya yaitu sejahtera lahir dan batin," pungkas Andra.

4 Indikasi Capaian PKK Menuju Keluarga Hidup Sehat

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bengkalis, Kasmarni Amril sampaikan 4 indikasi yang ingin dicapai oleh TP-PKK Kabupaten Bengkalis.

Hal ini disampaikan Kasmarni Amril saat membacakan laporan kepanitiaan pada pencanangan bulan bhakti sosial Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan Tingkat Kabupaten Bengkalis dan Tingkat Provinsi Riau Tahun 2019.

Dikatakan Kasmarni, bulan bhakti sosial Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan tahun ini dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan Oktober sampai bulan Desember 2019. 

Sedangkan pada hari ini dilakukan pencanangannya secara bersamaan di tingkat Kabupaten Bengkalis dan tingkat Provinsi Riau yang mengusung tema “kita gerakkan keluarga dan masyarakat hidup sehat menuju Indonesia sejahtera”.
Kegiatan bulan bhakti sosial Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan ini jelas Kasmarni Amril merupakan salah satu bentuk intensifikasi gerakan PKK bersama lintas sektor terkait, dengan mengoptimalkan kegiatan kelompok masyarakat, Tim Penggerak PKK, Institusi KB dan kesehatan sampai ke tingkat Desa/Kelurahan dengan kader sebagai ujung tombak kegiatan.

"Melalui momentum bulan bhakti sosial Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan tingkat Provinsi Riau dan tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2019 ini, ada beberapa hal yang ingin dicapai oleh TP-PKK Kabupaten Bengkalis," kata Kasmarni.

Adapun capaian ingin dicapai diantaranya peningkatan peran aktif para kader dalam mendukung pelaksanaan program KKBPK, terciptanya pemenuhan dan peningkatan pelayanan kontrasepsi dan kesehatan reproduksi, adanya pengembangan, peningkatan advokasi dan KIE keluarga berencana.
Kemudian terintegrasinya lingkungan bersih dan sehat, pencegahan penyakit, kesehatan ibu dan anak, implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pemberdayaan masyarakat untuk dapat hidup sejahtera dan bahagia.

"Untuk itu kepada seluruh stakeholder terkait, khususnya seluruh anggota Tim Penggerak PKK dan kader, kami mengharapkan agar momentum bulan bhakti sosial Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan ini dimanfaatkan secara optimal dalam upaya pemberdayaan dan pemberian pelayanan yang dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat, terutama masyarakat yang kurang mampu," pungkas kasmarni.

Sebagai informasi pada pencanangan bulan bhakti sosial Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan Tingkat Kabupaten Bengkalis dan Tingkat Provinsi Riau Tahun 2019 dilaksanakan pelayanan kesehatan, pelayanan KB, iva test dan donor darah.

Turut Hadir pada acara yang digelar, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Agus P. Proklamasi, Kepala Dinas PMD Provinsi Riau Syarifudin, Ketua TP-PKK Provinsi Riau Hj. Misnarni Syamsuar, Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Khairul Umam, Kapolres Bengkalis, AKBP Sigit Adiwuryanto, Dandim 0303 Bengkalis, Letkol Inf Timmy Prasetyo Hermiyanto, Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis, H Bustami HY, Asisten Administrasi Umum Setda Bengklis, H TS Zainuddin, Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Haholongan, Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni Amril, Ketua DWP Kabupaten Bengkalis, Hj Akna Juita Bustami, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Bengkalis, Camat se-Kabupaten Bengkalis Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis.***(Infotorial)
Tags Bupati BengkalisPKK BengkalisPemkab Bengkalis
Komentar