• Home
  • Bengkalis
  • Dua Perusahaan Tak Sanggup, Pasar Murah untuk Warga Miskin Bengkalis Batal

Dua Perusahaan Tak Sanggup, Pasar Murah untuk Warga Miskin Bengkalis Batal

Riau Terkini Rabu, 29 April 2020 20:15 WIB
BENGKALIS - Dua perusahaan pemenang lelang tidak bertanggungjawab sehingga pelaksanaan pasar murah bahan pangan untuk warga kurang mampu di Kabupaten Bengkalis terpaksa dibatalkan dan anggaran senilai Rp7 miliar dikembalikan ke kas daerah.

Rencananya pasar murah untuk warga kurang mampu ini bakal dilaksanakan di seluruh kecamatan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Bengkalis tahun anggaran 2020.

Dengan terpaksa dibatalkannya kegiatan itu, Disdagperin Bengkalis mengambil langkah tegas dengan mamasukkan dua perusahaan ke daftar hitam atau blacklist, yaitu  PT.  Irfanira Mitra Bersama dan CV. Siak Mandiri Sejahtera.

Dua perusahaan tersebut mundur karena tidak sanggup menyediakan salah satu bahan pangan untuk pasar murah, yaitu gula pasir. Tidak hanya daftar hitam, Disdagperin juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

Koordinasi itu agar kedua perusahaan lebih bertanggungjawab, karena telah banyak yang merasa dirugikan akibat kelalaiannya dalam proses lelang kegiatan pasar murah untuk warga kurang mampu di Kabupaten Bengkalis.

"Kami membatalkan pelaksanaannya karena pemenang tender tidak dapat memenuhi kontrak untuk melaksanakan pasar murah," ungkap Kepala Disdagperin Kabupaten Bengkalis, H. Indra Gunawan, Rabu (29/4/20) petang.

"Perusahaan juga sudah di-blacklist dan informasinya sudah dipanggil oleh pihak kepolisian," katanya lagi.

Dengan dibatalkannya kegiatan pasar murah untuk keluarga kurang mampu tersebut, seluruh dana kegiatan akan dikembalikan ke kas daerah dan direncanakan dialihkan ke penanganan covid-19 bekerja sama dengan pihak Bulog.

Untuk diketahui, bahwa rencana pasar murah reguler ini akan disalurkan ke seluruh keluarga kurang mampu di masing-masing kecamatan. 

Bahan pangan disediakan sebanyak 30.470 paket, berisi beras sebanyak 10 kilogram, minyak goreng sebanyak 2 liter dan gula pasir sebanyak 2 kilogram.

Disdagperin saat ini juga sedang menunggu pendataan terdampak covid-19, dan akan disiapkan anggaran sekitar Rp28 miliar untuk tiga kali pelaksanaan pasar murah.
Tags BulogPasar MurahPemkab BengkalisVirus CoronaVirus Covid-19Virus Covid 19Virus Covid-19Virus Covid 19
Komentar