• Home
  • Bengkalis
  • Lima Profesor Panel Presentasi Restorasi Lahan Gambut di Bengkalis

Lima Profesor Panel Presentasi Restorasi Lahan Gambut di Bengkalis

Rony Pratama Selasa, 31 Juli 2018 18:07 WIB
Presentasi Restorasi Lahan Gambut, Selasa (31/7) di Ruang Lantai II Kantor Bupati Bengkalis.
BENGKALIS - Rapat Koordinasi Program Restorasi Gambut di wilayah Kabupaten Bengkalis melalui penguatan Bidang Penelitian Lintas Lembaga Dalam dan Luar Negeri, memaparkan riset aksi untuk percepat restorasi dan pencegahan ekologi lahan gambut, di Desa Tanjung Leban, Kecamatan Bandar Laksamana, Selasa (31/7) di Ruang Lantai II Kantor Bupati Bengkalis.

Pemaparan yang disampaikan Assc. Prof. Osamu Kozan  dari Kyoto University Reseach Instute for Humanity and Nature (RIHN) meliputi kajian ilmiah terkait riset dan kegiatan seputar peningkatan tata kelola lahan gambut yang meliputi perbaikan ekologi, ekonomi, dan juga sosial. Terutama terhadap partisipasi masyarakat di Tanjung leban.

Sebanyak 61 orang warga yang telah diwawancarai di Dusun Bukit Batu Tanjung Leban, 93 persen merespon baik dan pada umumnya sudah mengetahui Program Restorasi Gambut yang dicanangkan.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Restorasi Gambut dengan skema perhutanan sosial oleh Prof. Kosuke Mizono dari Kyoto University/RIHN. Pemamparan ini melibatkan keikutsertaan masyarakat disertai perbaikan hak-hak, sehingga masyarakat akan bersemangat untuk melestarikan hutan yanga ada.

Selain itu, Dr. Sigit Sutikno dari Pusat Studi Bencana Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat Universitas Riau (PSB-LPPM UNRI) memaparkan kegiatan penelitian tentang regulasi pembahasan kembali dan model sekat kanal tentang pengairan.

Ditambah Prof. Yamanaka Manabu dari Yamaguchi University memaparkan tentang radar monitoring dan fenomena el-nino yang berkaitan dengan keadaan suhu, angin dan curah hujan pada restorasi lahan gambut.

Prof. Koichi Yamamoto dari Yamaguchi University memaparkan tujuan kerjasama Yamagichi University dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam penguatan dan pendalaman komitmen dalam percepatan model restorasi lahan gambut diwilayah Bengkalis, khususnya di Desa Tanjung Leban.

Pada kesempatan tersebut JICA Partnership Program menyerahkan cenderamata kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Sekretaris Daerah dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait.

Turut hadir dalam acara yang digelar, Deputi Penelitian dan Pengembangan BRG RI, Haris Gunawan, Panel Presentasi dan dialog fasilitator, Asisten Administrasi Umum, H TS Ilyas, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H Heri Indra Putra dan Kepala OPD Kabupaten Bengkalis.

(ron/ron)
Tags Pemkab BengkalisProgram Restorasi GambutRestorasi Gambut
Komentar